|

Kapal Phamboat dan Tiga WNA Akhirnya Diamankan TNI-AL

Komandan Pangkalan TNI Al (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P), Rizaldi

TERNATE,BRINDOnews.com,  Diduga melakukan ativitas ilegal Fishing, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) akhirnya mengamankan satu unit kapal jenis Phambot KM Cecilia di perairan Lelei Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara pada Rabu 31 Januari tahun 2018.

Wawalnya KRI Pandrong melaksanakan patroli dari perairan Sulawesi (Manado) menuju Pelabuhan Kota Ternate, disaat menuju perairan Halmahera terlihat satu unit kapal motor jenis Pham Boat yang sedang  memancing di perairan laut Kepulauan Lelei Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halsel. Akibat mencurigakan TNI-AL langsung menghampiri dan memeriksa semua dokumen kelengkapan kapal.

Dari hasil pemeriksaan KM. Cecilia, GT : 5, Jenis  Phum Boat yang di Nahkodai Walinton Bawole, dengan Anak Bua Kapal (ABK) sebanyak 11 orang yang terdiri dari 8 orang WNI dan 3 orang Warga negara Asing (WNA). Kapal tersebut bermuatan muatan satu ton ikan. Berhasil menemuka beberapa pelanggaran diantaran Nakhoda tidak sesuai dengan kecakapan SKK 60 mil, sementara ABK tidak sesuai dengan crew list daftar ABK dan tidak sesuai dengan surat ijil berlayar (SIJIL), KKM tidak ada ditempat, terdapat tiga orang Warga Negara Asing (WNA) Philipina tanpa dokumen dan visa atas nama Idwin Maibuila (35), Midsel Miliarente (37) dan Joundri Alirgas (32). Kesemua ABK tersebut berdomisili sementara di Bitung.

Hasil tangkapan tersebut akan di bawa ke Ternate serta ketiga ABK yang bersatus WNA t akan diserahkan ke Lanal Ternate untuk diproses secara hukum. “Kami akan melakukan proses hukum sesuai dengan pelanggaran yang ada.


Komandan Pangkalan TNI Al (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P), Rizaldi saat dikonfirmasi reporter Brindonews.com Jumat (02/02/2018) di kediamanya di kelurahan Tanah Raja, membenarkan adanya penangkapan kapal tersebut. 

" Iya benar adanya penangkapan kapal di perairan Halsel, dibagian Kepulaun Lelei Kecamatan Kayoa, sementara kapal yang ditangkap masih dalam perjalanan menuju Ternate, nanti kapalnya sudah tiba baru kita kasih keterangan resmiya," katanya.  (Shl/red)
Komentar

Berita Terkini