|

Kampanye Tanpa Surat Cuti, Ketua DPRD Morotai Bakal Dipanggil Panwas



Tanpa Surat Cuti, Ketua DPRD Kabupaten Pulau Morotai Ikut Kampanye
MOROTAI,BRINDOnews-Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Pulau Morotai bakal mengambil langka tegas dengan memanggil ketua DPRD Pulau Morotai, Fahri Haeruddin. Langka Panwas memanggil unsur pimpinan lembaga perwakilan rakyat ini, karena diketahui yang bersangkutan menggelar kampanye tanpa mengantongi surat cuti.

"Kami bakal memanggil ketua DPRD untuk dimintai keterangan, terkait dugaan tidak mengantongi surat cuti saat mengikuti kampanye, "tegas Ketua Panwas Morotai, Murjat Hi Untung kepada koran ini diruang kerjanya, Rabu (28/2/2018).

Selain ketua DPRD, kata dia, kedua anggota DPRD lainnya, yakni Eddy Hape dan Ajudin Tanimbar juga ikut dipanggil, karena keduanya juga terindikasi mengikuti kampanye tanpa mengantongi surat cuti. 

"Memang ketiganya telah mengajukan surat ke Panwas, tapi itu bukan surat cuti melainkan surat permintaan cuti. Sementara dalam peraturan sudah tertulis jelas, bahwa saat anggota DPRD mengikuti kampanye harus mengantongi surat cuti, jadi apa yang dilakukan ketiga anggota DPRD ini adanya indikasi menyalahi aturan dan mereka harus kami panggil untuk dimintai klarifikasi, "cetusnya.

Namun, lanjut dia, sebelum melayangkan surat ke ketiga anggota DPRD yang dimaksud, dia bakal mengumpulkan bukti-bukti berupa foto dan video keterlibatan ketiganya anggota tersebut. 

Dia menjelaskan, didalam aturan PKPU Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota mengisayaratkan, bahwa bagi anggota DPRD yang melibatkan diri dalam berkampanye harus mengantongi surat cuti. Jika surat itu tidak ada, maka bisa diberi sanksi berupa, sanksi teguran. Bahkan sanksi penahanan gaji jika anggota DPRD terbukti bersalah. "Setelah dipanggil kami akan mengkaji dulu aturannya, jika ketiganya terbukti menyalahi aturan dan terbukti bersalah, bakal diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku, "imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, berapa waktu lalu  ketua DPRD, Fahri Haeruddin sebagai ketua DPC Partai Golkar Pulau Morotai, Eddy Hape dari partai Golkar dan Ajudin Tanimbar dari PPP mengikuti kampanye calon Wakil Gubernur Malut nomor urut 1, Rivai Umar yang digelar di Desa Bere Bere, Kecamatan Morotai Utara (Morut), Desa Sangowo, Kecamatan Morotai Timur (Mortim) dan Desa Gotalamo, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel). (Fix/red)
Komentar

Berita Terkini