|

Kampanye Paslon Bur-Jadi Dihentikan Panwas Halbar




Tim Pemenang Paslon BUR-Jadi Kaget Saat Panwasl Halbar Menghentikan Kampanye Bur-Jadi   



HALBAR,BRINDOnews.com – Jalannya proses kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaludi (BUR-Jadi) yang dipusatkan di Hotel D’Hoock Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo Rabu (21/2/2018) tiba-tiba dihentikan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Halmahera Barat.  

Alasan menghentikan jalannya kampanye paslon BUR-JADI, guna meminta para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halbar untuk keluar dari ruangan tanpa mengantongi surat cuti menghadiri kampanye terbatas, ungkap Panwaslu melalui kordiv Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL Muhamadun Hi Adam disela-sela kampanye Bur-Jadi.
  
Permintaan tersebut sempat menimbulkan perdebatan antara Kordiv PHL dan para anggota DPRD Halbar dari partai pengusung dan meminta Kordiv PHL membaca regulasi yang dimaksud.

" Haji (Burhan) hentikan sebentar dulu, saya dari Panwaslu Halbar, dan saya minta maaf sebelumnya, saya tidak bermaksud menghambat kampanye ini, tetapi saya meminta kepada para anggota DPRD yang hadir agar keluar dari ruangan karena mereka tidak mengantongi surat cuti kampanye," ucap Muhammadun ditengah jalanya kampanye terbatas tersebut.

Lanjutnya,sekarang sudah masuk pada tahap kampanye  Paslon nomor urut 2 di zona 2 Halbar, sesuai dengan ketentuan PKPU nomor 4 tahun 2017 pasal 63 ayat 1. " Namun kalau mereka (anggota DPRD) tidak mau keluar itu hak mereka, saya hanya menjalankan sesuai dengan tupoksi yang berlandaskan pada PKPU," kata mantan ketua Panwaslu Halbar dan langsung meninggalkan ruangan tersebut,ungkapnya.

Terpisah, Ketua komisi I DPRD Halbar, DJufri Muhammad usai kampanye tertutup, mengatakan kahadiran mereka ini sebagai pengurus partai pengusung Bur-Jadi. Kami tidak berkampanye tapi hanya silahturahmi apalagi ini instruksi masing-masing partai pendukung diantaranya partai (Nasdem), PBB, Hanura, Demokrat dan PKB, sehinga kami harus hadir," katanya.

“ Kepada Panwaslu Halbar menjelaskan asumsi dari kampanye yang dimaksud, apakah terlihat kita-kita ada melakukan orasi saat hadiri tadi.

Kata dia, kami anggata DPRD dari partai pengusung belum pernah mendapat edaran sosialisasi dari Panwaslu Halbar, terkait ijin kampanye anggota DPRD, jadi itu kita tidak tahu," keluh Djufri.

Senada juga disampaikan Riwan Hi Kadam, juru bicara PKB Halbar yang juga anggota DPRD Halbar,  yang jelas kami (anggota DPRD partai pengusung) siap diperiksa oleh Panwaslu Halbar, terkait kehadiran mereka ini.

Perlu diketahui anggata DPRD Halbar partai pengusung Paslon Bur - Jadi, yang hadir yakni, Ibnu Saud Kadim dan Frangki Luang (Demokrat), Fauji Ahmad dan Deny Palar (Hanura), Rustam Naser (PBB) dan Iksan Hi Husain (PKB), Djufri Muhamad (Nasdem) dan Riswan Hi Kadam (PBB).(eko/red)
https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif

Komentar

Berita Terkini