|

Inspektorat Beberkan Penyebab Tunggakan Hutang Pemda Halsel ke 249 Desa

Kepala Inspektorat Kabupaten Halsel Slamet AK


LABUHA,BRINDOnews.com - Inspektorat Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara akhirnya membeberkan penyebab dibalik hutang 6 bulan Pemerintah Halsel ke 249 Desa.

Kepala Inspektorat Kabupaten Halsel Slamet AK, kepada wartawan Senin ((6/2/2018) mengaku alasan keterlambatan pembayaran karena lemahnya peneyerapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang itu berdampak pada ketidakmampu pemda halsel untuk membayar hutang enam bulan kepada pemerintah desa."

Menurutnya, seharusnya hutang tersebut dibayarkan pada 2017 lalu namun terlambat dengan berbagai anggaran tak masuk ke kas Daerah. Olehnya itu hutang pemkab akan dibayarkan pada tahun 2018".

"  Pemda anggarkan senilai Rp 20 M untuk pembayaran hutang namun hanya 3 bulan saja, sisanya akan dibayarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubaha(APBD-P) tahun 2018” jelasnya.

Lanjut dia, sistem pembayaran akan dilaukan bulan ini dengan kesiapan anggaran senilai Rp 20 miliar untuk pembayaran tiga bulan antara Janurai, Februari dan Maret sementara bulan depan Rp 20 miliar yakni April Mei dan Juni.

Sebelumnya sebanyak 249 Kepala Desa di Halsel gelar aksi protes di kantor DPRD dan kantor Bupati  dengan tuntutan pembayaran tunggakan, (echa'L/red)

Komentar

Berita Terkini