|

Indahnya Lingkungan Tongole Harus Dijadikan Kelurahan Wisata


 
Foto: Anggota Pansus Dekot Ternate, Nurlaila Syarif
TERNATE, BRINDOnews.com - Beragam kebudayaan, tradisi, keindahan alam, kerajinan terlihat Lingkungan Tongole. Harusnya lingungan seperti ini layak dikembangkan menjadi destinasi parwisata. Hal ini diungngkapkan anggota Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Nurlaila Syarif via handphone, Selasa (20/2/2018).

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) lingkungan Tongole sejauh ini masih diperlukan dasar-dasar kajian untuk menjadikan kawasan wisata. “ Hal ini perlu analisa dan kajian yang lebih dalam, Ranperda ini harus disesuaikan dengan norma-norma yang ada dilingkungan Tongole,” jelasnya.

Kata dia, setelah pansus turun di lingkungan Tongole, pansus melakukan kajian menyepakati perlu perbandingan di daerah yang sudah pernah pemekaran salah satunya Kota Manado. Dengan begitu Pansus Dekot melakukan Studi Banding untuk memboboti dan mengkaji pemekaran Kelurahan destinasi wisata di Kota Manado.

“ Tujuannya adalah memperkuat  norma-norma yang tertuang dalam draf Ranperda Kelurahan wisata Tongole yang nantinya  dijadikan Perda yang kuat dan sah dimata masyarakat,” ucapnya

Ketika disentil mengapa lingkungan Tongole ingin dijadikan sebagai Kelurahan wisata, dirinya mengatakan, lingkungan Tongole jika ditinjau dari aspek kearifan lokal dan potensi sumberdaya, Tongole memiliki banyak  sumber destinasi wisata seperti sumber daya Air Tege-Tege, sumber daya kerajinan bambu, Cengkih Afo, serta ciri khas alat tradisional dan tarian tradisional yang hingga saat ini masih terlihat.

Lanjut dia, secara personal anggota pansus  akan mengajukan lingkungan Tongole itu bernama Kelurahan wisata Tongole  sebab dia punya ciri khas tersendiri. Layaklah. Kelurahan yang harus dinamai Kelurahan Wisata Tongole yang itu sudah menjadi perhatian publik.

“ Orang begitu cari dan dengan namanya ternyata kelurahan wisata Tongole mempunyai daya tarik tersendiri serta dengan nama tersebut bisa menarik perhatian bukan hanya secara internal tetapi juga secara eksternal,”. (Ind/red)

Komentar

Berita Terkini