|

Empat Desa di Kepsul Siap Menangkan MK-Maju


SANANA, BRINDOnews.com – Warga empat desa di Kepulauan Sula siap memenangkan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara nomor pemilihan empat Muhammad Kasuba – Abdul Madjid Husen (MK-Maju) pada pilgub tahun ini. 

Hal ini disampaikan warga desa Malbufa, Waiboga, Baleha, dan Wailia Kecamatan Sulabesi Timur saat kunjungan MK sejak Senin 26 Februari dan Selasa 27 Februari 2018. Pasangan yang diusung koalisi nasional itu mendapat sambutan meriah dari keempat desa tersebut. MK yang di dampingi istrinya tercintanya Nurdiayana Yoi sangaji beserta rombangannya mendapat sambutan hangat dari setiap desa yang dikunjungi.
“ Sosok kepemimpinan yang dimiliki Muhammad Kasuba tentunya menjadi faktor utama untuk menjatuhkan pilihan kami. Kami siap mengantar suami dari ibu Nurdiyana Yoi Sangaji ini memimpin Provinsi Maluku Utara,” tandas Iksan, salah satu tokoh pemuda desa Malbufa, Senin (26/2/2018) kemarin. 

kata dia, sepuluh tahun meminpin Halmahera Selatan semakin memperkaya pengalamannya dalam mengelola pemerintahan. Ditambah dengan dua periode Abdul Madjid Husen menjadi Sekretaris Daerah (sekda) Provinsi Maluku Utara turut menambah kekuatan mereka dalam meraup kemenangan pada pilgub nanti khusunya di desa Malbufa. “Ditambah dukungan dari keluarga Yoi Sangaji, benteng pertahanan MK-Maju semakin menambah kekuatan pertahanan dalam menjagal musuh-musuh yang datang untuk menyerang,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Ahmad warga desa Waiboga Kecamatan Sulabesi Tengah. “ Kedudukan istilah sau di tengah-tengah masyarakat Kepsul hingga saat masih terjaga,” ucap Ahmad sambil mangatakan, status sau dalam kaitannya dengan kekeluargaan masyarakat Kepsul merupakan bagian yang tidak bisa di cerai beraikan dari perjalanan dan adat istiadat. “Sepanjang orang itu masih berstatus sebagai sau atau anak menantu dari keluarga orang Sula, yang bersangkutan berada satu tingkat diatas saudara kandung. Dan ini sudah berjalan sejak dahulu,” jelasnya, saat ditemui repoter Brindonews.com di sela-sela acara silaturahim sekaligus kampanye di desa Waiboga, Selasa (27/2/2018) sore tadi.

Dukungan kemenangan berlanjut di desa Wailiya Kecamatan Sulabesi Timur. Warga setempat sangat menginginkan Muhammad Kasuba yang dipaketkan dengan Abdul Madjid Husen kelak memimpin Maluku Utara. menurut warga, kurang lebih empat kali pemilihan cagub dan cawagub Kepulauan Sula selalu dianak tirikan dalam berbagai hal. Mulai dari pemerataan pembangunan hingga kesejahteraan masyarakat.

“ Setiap momentum pilgub, seng ada satu pun calon yang datang lia katong pung desa Wailia. Pak Muhammad Kasuba satu-satunya calon yang pertama kali datang di katong pung desa,” ucap Ruslan, salah satu tokoh pemuda desa Wailai dalam acara silaturahim sekaligus kampanye di desa, Selasa (27/2/2018) malam tadi. 

Menurutnya, kekerabatan dan kedudukan status kit sau (torang pung ipar) dalam kekeluargaan masyarakat Kepsul bisa dijadikan indikator utama. Keistimewaan status sau yang lebih dari satu tingkat saudara ini membuat warga berkeyakinan besar menjatuhkan pilihan mereka terhadap suami dari Nurdiyana Yoi Sangaji itu.

Perihal yang sama juga didapatkan MK di desa Baleha Kecamatan Sulabesi Tengah. “ Kit sau atau kam sau tidak berlaku pada desa Baleha saja, akan tetapi di seluruh penjuru Kepsul masih tetap menjaga dan menjunjung tinggi nilai dari sau itu sendiri. Sau bagi kami yang utama,” kata Is salah satu tokoh pemuda setempat. (emis/red).
Komentar

Berita Terkini