|

DKP Morotai Distribusi 102 Armada Tangkap


Foto: Kadis DKP Morotai, Suryani Antarani
MOROTAI, BRINDOnews.com - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pulau Morotai, Suryani Antarani mengungkapkan telah mendistribusikan 102 armada tangkap kepada para nelayan ikan tuna dan nelayan lainnya.

“ Total armada tangkap bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebanyak 102 unit, proses ditribusi dibagi dalam dua tahap, tahap pertama sebanyak 90 unit diserahkan ke nelayan pada Januari dan tahap kedua pada Februari sebanyak 12 unit dan bantuan diberikan untuk para nelayan ikan tuna yang tergabung dalam empat koperasi yang terdaftar ”, ucap Kepala DKP Pulau Morotai, Suryani Antarani kepada koran ini, Selasa (20/2/2018)

Mantan Kadis Sosial ini menjelaskan, bantuan armada tangkap ikan tuna itu tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat Morotai terutama masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. “ Jadi empat koperasi nelayan yang menerima armada tangkap ikan tuna masing-masing, koperasi Bere Bere, Sangowo, Daeo dan Kolorai termasuk nelayan dari Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar) “, imbuhnya.

Pemberian bantuan armada tangkap, lanjut dia, dilakukan berdasarkan pemetaan Desa. Hal ini dilakukan, karena tidak semua desa itu mendapatkan bantuan armada tangkap, disebabkan terdapat Desa yang masyarakatnya yang profesinya sebagai petani.

“ Misalnya di Desa Aha, Morodadi dan sejumlah desa lainnya tidak dapat bantuan, karena masyarakatnya profesinya bukan nelayan tapi petani. Jadi desa yang tidak mendapatkan bantuan armada tangkap diberikan bantuan disesuaikan dengan profesi mereka “, cetusnya.

Selain bantuan armada, Kementerian juga memberikan bantuan lain, seperti Cestfrizer 25 unit dan Kolboks.  “ Tapi bantuan yang disebut bakal diberikan kepada koperasi nelayan yang dibentuk oleh Desa “, terangnya. (Fix/red)

Komentar

Berita Terkini