|

Verifikasi KPU, PBB Malut Penuhi Syarat Faktual

Foto: Proses Verifikasi Yang Berlangsung di Sekretariat PBB Malut, Senin (29/1/2018)

TERNATE, BRINDOnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara mulai melakukan proses verifikasi faktual terhadap 12 partai politik, salah satunya Partai Bulan Bintang (PBB) Malut.

Proses verifikasi ditangani langusung Komsioner KPU, Safri Awal dan stafnya serta disaksikan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara. Untuk Partai PBB hadir Ketua Wilayah, Achmad Djabid dan berseta seluruh pangurus partai. Dalam proses verifikasi, KPU memeriksa keanggotaan pada kepengurusan di tingkat wilayah atau daerah, keterwakilan perempuan di kepengurusan DPW dan domisili kantor.

Komisioner KPU, Safri Awal menuturkan, dari data-data yang diterima secara langsung, PBB sudah memenuhi syarat yang ditentukan.

“ Sudah dilakukan dan PBB memenuhi syarat secara faktual. Tapi nanti secara resmi akan diumumkan,” ujar Safri di sela-sela proses verifikasi di Sekretariat PBB Kelurahan Kayu Merah Kota Ternate Selatan. 

Secara faktual, PBB telah memenuhi syarat terkait data anggota kepengurusan di tingkat  wilayah atau daerah dan domisili kantor. PBB juga memenuhi syarat keterwakilan perempuan 30 persen dari jumlah pengurus daerah. Dari  12 orang pengurus perempuan yang menjadi tolak ukur KPU, 20 di antaranya adalah perempuan.

“ PBB telah menyerahkan data KTA dan KTP dari 30 perempuan yang menjadi pengurus di DPW,” ucapnya.

Terpisah, Ketua DPW PBB, Achmad Djabid mengatakan, terkait dengan verifikasi yang dilakukan KPU  adalah struktur Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang sudah diajukan sebelumnya. Sehingga hasil sipol itu diuji secara faktual di KPU. “ Yang pertama adalah struktur DPW PBB, kesekretariatannya apakah sistim pinjam pake atau kontrak yang didasari juga dengan surat keterangan domisili dari kelurahan/kecamatan,” kata Achmad kepada repoter Brindonews.com, Senin (29/1/2018).

Kata dia, keterwakilan perempuan dalam pengurus yang ditargetkan KPU 30 persen, DPW PBB dinyatakan memenuhi syarat dari sekian item yang di verifikasi KPU. Bahkan, dari 30 persen keterwakilan perempuan itu lebih dari target PBB. “Alhamdulillah KPU seacra resmi nyatakan PBB lolos dalam verifikasi faktual,” cetusnya.

Atas nama penanggung jawab DPW, dirinya berharap ada motivasi yang luar biasa bagi pengurus partai. Sehingga pada saat pengumuman hasil verifikasi nanti secara kepesertaan bisa mempertahankan jumlah atau menambah jumlah kursi pada pileg 2019 mendatang. 

“Kami ingin pertahankan jumlah kursi di Provinsi. Dan mudah-mudahan melalui kepercayaan masyarakat Malut PBB ingin mengabadikan diri sebagai partai yang pro terhadap rakyat,” harapnya. (emis/red)
Komentar

Berita Terkini