|

Sukseskan Pilgub 2018 KPU Gandeng UMMU





TERNATE, BRINDOnews.com – Untuk mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Provinsi Maluku Utara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut menggandeng Program Studi Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah (UMMU) Ternate melaksanakan sosialisasi tahapan pilgub sekaligus pelatihan public speaking.

Kegiatan kerja sama antara KPU dan Prodi Ikom UMMU itu dengan tujuan untuk menciptakan komunikator karismatik pada Pilgub tahun ini. Turut dalam kegiatan tersebut, Warek I Ummu Ternate, Kaprodi Ikom Ummu, Wahyuni Bailusy, perwakilan tim pemenang masing-masing calon dan dikuti 100 peserta.

Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mendukung penuh pelatihan public speaking. Peserta dapat menjadi vokal point untuk membantu menyampaikan info tentang pilkada ke masyarakat dalam rangka meningkatkan partispasi masyarakat baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

“ Saya sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. Sebab, bagaimana pun public speaking atau seni berbicara di depan umum memiliki kaitan erat dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Berbicara yang santun dan  bersahaja tentunya menghindari hoax, fitnah dan kampanye hitam. Bagaimana para kandidat berbicara di depan umum dengan baik dan benar sesuai ketentuan Undang-undang pemilu yang ditetapkan,” jelas Syahrani saat membuka kegiatan public speaking di Aula Kantor Wali  Kota Ternate, Minggu (28/1/2018). 

Menurut Syahrani, adanya kerja sama ini, KPU merasa cukup terbantu dalam melakukan sosialisasi. KPU tentunya tidak bisa bekerja sendiri, melainkan dukungan dari masyarakat dapat membantu jangkauan untuk melakukan sosialisasi dalam hal menyukseskan Pilgub. “KPU memiliki jangkauan yang terbatas sehingga KPU berharap dukungan dari semua pihak dalam hal menyukseskan Pilgub,” tuturnya

Dirinya berharap para peserta yang mengikuti sosialisasi tahapan pilgub dan pelatihan public speaking selama tiga hari itu bisa menjadi perpanjangan tangan KPU untuk mengawal dan mendukung setiap tahapan, program dan jadwal Pilgub yang sudah ditetapkan.


Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Ummu Ternate, Wahyuni Bailusy mengatakan, sasaran dalam kegiatan tersebut adalah tim pemenang atau tim kampanye dari masing-masing paslon. Sebagaimana diketahui, berbicara di depan umum atau saat kampanye tentunya mengandung hal-hal positif saat kampaye politik.

“Selain tim paslon sasaran pesertanya juga muncul dari mahasiswa dan siswa-siswi yang mana tujuannya sebagai wadah pembelajaran untuk lebih mengasah basic di bidang public speaking,” ucapnya


Kata dia, Public speaking ini sebagai pembelajaran seni berbicara di depan umum secara beretika, agar siapapun termasuk tim kampanye saat melakukan kampanye dengan cara beretika dan berestetika dan mengunakan pesan efektif yang dapat berpengaruhi secara positif,” tutupnya. (emis/red)
Komentar

Berita Terkini