|

Pemkot Tegaskan Tidak Ada Lagi Pungli

Foto : Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman

TERNATE, BRINDOnews.com - Dugaan praktek pungutan liar (Pungli) yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SD) Negeri 11 Kota Ternate, kembali ditanggapi Pemerintah Kota Ternate.

Kepada wartawan Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman  mengaku, semua pembayaran sekolah sudah di atur dalam Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) baik sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP). Punggutan yang dilakukan pihak sekolah bisa di kategorikan sebagai punggutan liar (Pungli).

Seharusnya tidak lagi dilakukan pungutan dalam bentuk apapun, karena semuanya sudah ada dalam Bosda, " ucap Burhan usai mengikuti rapat paripurna DPRD Ternate, Senin (15/1/2018).

Kata dia, Pemkot akan memanggil dinas pendidikan untuk menegur pihak sekolah yang diduga melakukan pungli. Artinya, uang yang pernah diminta sekolah bisa dikembalikan kepada orang tua siswa. “Sudah ada anggaran, jadi mereka (pihak sekolah) mau minta apa lagi kepada orangtua siswa,” ujarnya

Burhan menegaskan, Pemkot dengan tegas menindak lanjuti  pungli yang diduga dilakukan SDN 11 Kota Ternate. Sebelumnya sudah ada kebijakan yang diatur dalam ketentuan Bosda. Pemkot akan lebih tegas kepada sekolah-sekolah yang sengaja memperkaya diri atau kelompok. 

Tidak lagi ada kata kesepakatan antara orang tua murid dan pihak sekolah, sebab semuanya sudah di atur berdasarkan Bosda ," tegasnya, (emis/red).


Komentar

Berita Terkini