|

Pemkot Diminta Terbitkan Perwali





Anggota DPRD Kota Ternate, Nurlaila Syarif

 TERNATE,BRINDOnews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate kembali mengingatkan serta memberikan ketegasan kepada Pemerintah Kota Ternate agar dalam jangka satu tahun Produk Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) sudah disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) harus diserta dengan Peraturan Wali Kota (perwali).
" Banyak produk peraturan daerah (perda) di Kota Ternate  yang sampai saat ini ternyata tak dibarengi penerbitan peraturan Wali Kota (perwali) sehingga iplementasi dari Perda dapat berjalan tak maksimal. Apalagi ditambah dengan 12 Ranperda yang baru disahkan kemarin. Hal ini harus ada ketegasan sehingga Pemkot lebih mengutamakan Perwali." Ungkap salah satu anggota DPRD Nurlaila Syarif kepada wartawan via WhatsApp Rabu (17/1/2018).
Menurutnya, ada beberapa Perda hingga saat ini belum maksimal karena tidak ada Perwali padahal aturan yang tercantum dalam perda masih bersifat global dan Perwali berfungsi menjelaskan hal-hal teknis yang ada dalam perda. 
“ Bagi kami, 2018 ini ada 12 Ranperda yang sudah disahkan menjadi Perda dan  memang sudah ada, Pemkot Ternate harus lebih aktif menyusun Perwalinya sebab dalam Perwali itu menjelaskan pasal-pasal yang ada dalam Perda itu, " cetusnya.
Lanjut dia, Perwali itu sebagai petunjuk teknis pelaksanaan perda. Memang banyak perda berjalan tanpa perwali, ini menunjukkan tidak siapnya pemkot mejalankan perda, Pemkot harus jeli dalam menyusun aturan Perwali sebelum satu tahun hal ter tersebut diatur dalam aturan. (mn/red)



Komentar

Berita Terkini