|

Nasib Helmi Botutihe dan Nurlaila Tergantung Keputusan KASN

Foto: Kasubag Humas Hukum dan Hubungan antar lembaga Bawaslu, Irwanto Djurumudi

TERNATE, BRINDOnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara akan limpahkan berita acara pemerikasaan (BAP) Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Selatan, Helmi Surya Botutihe dan istri Bupati Halsel, Nurlaila Muhammad ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hal ini disampaikan langsung Kasubag Humas Hukum dan Hubungan antar lembaga Bawaslu, Irwanto Djurumudi kepada wartawan diruang kerjanya Senin (22/1/2018)

Dokumen pelanggaran dua pejabat Kabupaten Halasel ini diserahkan Panwaslu Halsel, sementara Bawaslu peninjauan kembali BAP. Dalam pemeriksaan, ada beberapa item yang harus diperbaki. “ Sudah diperiksa BAPnya dan rencana Selasa 23 Januari besok Panwaslu Halsel menyerahkan ke Bawaslu,” ujarnya.  

Dari hasil pemeriksaan Panwaslu Kabupaten Halsel,  Sekda Halsel Helmi mangakui kehadirannya hanya memenuhi undangan lisan dalam rangka pembacaan doa syukuran bakal calon pasangan Muhammad Kasuba dan Madjid Husen (MK-Majhu). Saudara Helmi Surya Botutihe merupakan pejabat pembina kepegawaian daerah, secara etika tidak dibenarkan ASN terlibat dalam politik praktis,” tuturnya.

Sementara Nurlaila Muhammad isteri Bupati Halsel Bahrain Kasuba, diperiksa  karena keterlibatan secara langsung dalam acara deklarasi bakal calon pasangan Abdul Gani Kasuba dan M. Al Ali Yasin di kawasan pantai desa Mandaong Kecamatan Bacan Selatan Kabupaten Halmahera Selatan, Senin (8/1/2018) lalu. “Diatas panggung deklarasi terlihat jelas ada ibu Nurlaila,” katanya.

Kata dia, pemeriksaan dan klarifikasi  kedua abdi negara,  Panwaslu Halsel sudah melakukan kajian secara mendalam terkait dengan keterlibatan mereka. Saat ini panwascam melakukan upaya hukum yang lebih tinggi dalam hal ini ke KASN.  

“Tinggal menunggu perbaikan panwaslu Halsel, Bawaslu Malut segera limpahkan berkasnya ke KASN,” tutupnya. (emis/red).
Komentar

Berita Terkini