|

Lolos Verifikasi KPU, Hanura Malut Fokus Kemenangan Bur-Jadi

Foto Komisioner KPU dan Staf Bawaslu Bersama Pengurus DPD Hanura Usai Melakukan Verifikasi

TERNATE, BRINDOnews.com
– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara mulai melakukan proses verifikasi faktual terhadap 12 partai politik, termasuk Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Malut.

Proses verifikasi ditangani langusung Komsioner KPU, Safri Awal dan stafnya serta disaksikan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara. Untuk Partai Hanura hadir Ketua Wilayah, Basri Salama dan berseta pengurus partai lainnya. Dalam proses verifikasi, KPU memeriksa keanggotaan pada kepengurusan di tingkat wilayah atau daerah, keterwakilan perempuan di kepengurusan partai dan domisili kantor.

Komisioner KPU, Safri Awal menuturkan, dari data-data yang diterima secara langsung, partai Hanura sudah memenuhi syarat yang ditentukan.
“ Sudah dilakukan dan Hanura memenuhi syarat secara faktual. Tapi nanti secara resmi akan diumumkan,” ujar Safri usai melakukan verifikasi di Sekretariat Hanura Kelurahan Kalumata Kota Ternate Selatan, Senin (29/1/2018)

Secara faktual, Hanura telah memenuhi syarat terkait data anggota kepengurusan di tingkat wilayah dan domisili kantor. Hanura juga memenuhi syarat keterwakilan perempuan 30 persen dari jumlah pengurus daerah.  “Hanura telah menyerahkan data KTA dan KTP dari perempuan yang menjadi pengurus di DPD,” ucapnya

Sementara itu, Ketua DPD Hanura, Basri Salama mengatakan, dalam verifikasi tersebut, Partai Hanura dinyatakan syarat sesuai dengan syarat KPU. Secara administrasi, kepengurusan partai, keterlibatan perempuan dalam pengurus serta status kesekretarian memenuhi syarat. “Dari item-item yang disyaratkan KPU, seluruhnya memenuhi syarat,” kata Basri di Sekretariat DPD Partai Hanura kelurahan Kalumata Ternate Selatan.

Setelah seluruh item verifikasi diterima KPU, Ia berkeyakinan besar partai besutan Oesman Sapta Odang (OSO) ini bakal menjadi pesaing terkuat khususnya di Maluku Utara. “ Kami yakin akan menjadi persaing tiga besar pada 2019,” cetus Basri.

Kata dia, apabila seluruh verifikasi dianggap selesai hingga ke Kabupaten/Kota dan Partai Hanura dinyatakan lolos verifikasi, ada dua pekerjaan besar yang menjadi titik fokus Hanura. Dimana, langkah kerja untuk memenangkan pasangan calon gebernur dan wakil geburnur, Burhan Abdurahman dan ishak  Jamaludin (Bur-Jadi) dan melakukan pesiapan penjaringan pemilihan legislatif (Pileg) 2019.

“Dari target yang ingin kami capai, Bur-Jadi harus memenangkan pilgub dan Hanura menjadi partai besar ke tiga dalam pileg 2019,” tandasnya. (emis/red).
Komentar

Berita Terkini