|

KOPEL Gelar Pelatihan Pelayanan Publik




Foto Bersama Peserta Pelatihan Pelayanan Publik

TERNATE, BRINDOnews.com - Komite Pemantau Legislatif Indonesia wilayah Maluku Utara bersama yayasan persahabatan Indonesia-Kanada (YAPIKA) gelar kegiatan pelatihan pelayanan publik, Jumat (19/1/2018).

Pelatihan yang dipusatkan di Istana Caffe didukung United Status Agency Internasional Development (USAID). Peserta dalam masing-masing delegasi dari berbagai  lembaga organisasi  masyarakat (Ormas) dan komunitas yang  ada di kota Ternate.

Kepada wartawan, Yahya (Peserta pelatihan pelayanan publik) mengaku, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (Tiga) hari itu banyak muatan-muatan materi yang disampaikan kaitanya dengan pelayanan publik. “ Pelatihan sejak tanggal 17-19 Januari, materi yang sampaikan sangat bermanfaat bagi peserta terutama isu-isu pelayanan publik,” ujarnya.

Kata dia, materi tentang policy Brief dapat mempermudah dalam proses menyampaikan informasi ke khalayak, selain banyak informasi yang didapatkan, materi aplikasi lapor layanan pengaduan online.

Sementar itu, kordinator program pelayanan publik, Herman menambahkan, pelatihan pelayanan publik  dengan tujuan memperkuat kapasitas jaringan masyarakat sipil di kota Ternate. Isu-isu pelayanan public dapat memperkuat kolaborasi antara ormas sipil, OMBUDSMAN RI, dan pemerintah  daerah, ini tak lain untuk memperkuat peran masyarakat  dalam pelayanan  publik.

“ Harapan dari kegiatan yang kurang lebih tiga hari bukan hanya berhenti sampai di sini, tapi ada tindaklanjuti dari kawan-kawan semua,” harap Herman.



Dengan begitu, kata Herman, akan membentuk sebuah komunitas yang dikhususkan mengkaji tentang isu-isu pelayanan publik. Sehingga data-data pengaduan dari OMBUDSMAN, Infokom, dan instansi lainnya dapat terkafer. (tim)

Komentar

Berita Terkini