|

Kesultanan Ternate Nobatkan AHY Sebagai Kapita Gapi Gam Malamo

Foto: Penobatan Gelar Kapita Gapi Gam Malamo Oleh Sultan 
Ternate Syarifuddin Bin Iskandar Muhammad Djabir Sjah Terhadap 
Agus Harimurti Yudhoyono di Masji Sultan Ternate

TERNATE, BRINDOnews.com
– Putra Mantan Presiden Sulsilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinobatkan sebagai Kapita Gapi Gam Malamo Kesultanan Ternate. Selain dinobatkan sebagai Kaptia Gapi Gam Malamo, kedatang AHY di Ternate dalam rangka temu kader partai Demokrat.

Pemberian gelar kehormatan itu dinobatkan langsung sultan terpilih Syarifuddin Bin Iskandar Muhammad Djabir Sjah. Pasca disandang sebagai Kapita Gapi Gamalamo, AHY berziarah ke makam Almarhum Sultan Mudaffar Syah untuk melakukan doa bersama dengan perangkat kesultanan Ternate.

Sebelum dinobatkan sebagai Kapita Gapi Gam Malamo, AHY beserta rombangannya mengikuti prosesi upacara penobatan gelar kehormatan yang dipimpin langsung Sultan Ternate, Syarifuddin Bin Iskandar Muhammad Djabir Sjah di masjid Sultan Kelurahan Soasio Kecamatan Ternate Tengah.

Usai mengikuti upacara penobatan gelar kehormatan dan berziarah, kepada wartawan AHY mengatakan, penobatan gelar yang berikan kesultanan Ternate tersebut satu-satunya gelar pertama diantara gelar yang diberikan para kesultanan yang ada di Nusantara. “ Hari ini saya merasa sangat terhormat, karena diterima dengan penuh kekeluargaan. Apalagi disandang gelar sebagai  Kapita Gapi Gamalamo,” ucapnya, Jumat (26/1/2018).

Dirinya menjelaskan, gelar Kapita Gapi Gam Malamo merupakan sebuah doa dan amanah yang diberikan sultan Ternate. Secara pribadi, Ia berharapan besar bisa menjalankan sesuai dengan apa yang harapkan bersama.

Membangun Nusantara tentunya membutuhkan sinergi dari berbagai elemen masyarakat. Itu sebabnya, doa dan keprcayaan kesultanan Ternate ini tidak mengurung niatnya untuk membangun Nusantara.

“ Ini gelar pertama dan tidak bisa dilupakan sampai kapanpun, ada doa dan harapan yang baik dan itu saya harus jalankan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya. 

Sementara itu, Jogugu Kesultanan Ternate, H. Muhammad Zulkiram M. Chaeruddin menambahkan, alasan penobatan gelar Kapita Gapi Gamalamo kepada AHY ini sesuai dengan kapasitas AHY yang sebelumnya (TNI) sekaligus diharapkan bisa berguna dan bermanfaat untuk negeri Nusantara. Pertimbangan ini berdasarkan backround AHY, dimana AHY mempunyai sosok kasatrian dalam menajalankan amanah.

“Setiap gelar hanya berikan satu oarang, dan tidak bisa diberikan gelar yang sama kepada orang lain. Jiwa kasatria AHY insyah Allah senantiasa selalu ada,” tutupnya. (emis/red).
Komentar

Berita Terkini