|

Dukcapil Kota Ternate Sediakan Delapan Spot Peremakaman e-KTP

Foto: Anggota Komisi I DPRD Kota Ternate, Junaidi Bahrudin

TERNATE, BRINDOnews.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate menyerukan kepada seluruh pemangku kepentingan ditingkat lurah untuk melakukan penguatan koordinasi dalam menuntaskan problem elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Kota Ternate. Sebab masih banyak masyarakat disetiap Kelurahan belum memiliki e-KTP.

“Hal ini penting dilakukan untuk menghindari imbas politis dari problem administrasi kependudukan maka diharapkan  e-KTP ini bisa tuntas. Tapi kalau ada kendala teknis, sebaiknya segera dikoordinasikan dengan instansi terkait yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sippil (Dukcapil) Kota Ternate, “ungkap salah satu anggota Komisi I Junaidi Baharudin via whatsApp, Rabu (24/1/2018).

Kata dia, saat ini memang ada dua permasalahan, yakni problem perekaman e-KTP yang belum tuntas dan proses pencetakan e-KTP.  Akan tetapi, para lurah tidak mengimbahu kepada warganya untuk melakukan perekaman. Padahal, Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) telah menyediakan delapan (8) spot untuk perekaman e-KTP hingga  ke tingkat kelurahan.

”Delapan spot diantaranya, Kecamatan Kota Ternate Selatan yakni Kelurahan Bastiong Karance dan Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Kota Ternate Tengah, Kelurahan Makasar Timur dan Takoma, Ternate Utara yakni  Kelurahan Soa Sio dan Kelurahan Sangaji sementara Kecamatan Pulau Ternate di Kelurahan Jambula dan Kantor Camat Pulau Hiri. Semua ada 8 spot yang akan disediakan Dukcapil Kota Ternate,” urainya.

Menurutnya, Dukcapil juga berencana  dalam waktu dekat akan melakukan penambahan spot pelayanan perekaman KTP elektronik yang dipusatkan Mall Jati Land Ternate.

Dirinya mengatakan, untuk Kecamatan Pulau Ternate dengan jumlah penduduk 16.839 jiwa, yang belum melakukan perekaman 1.099 jiwa, Kota Ternate selatan jumlah penduduk 76.734 jiwa yang belum melakukan perekaman 11.468 jiwa, Ternate Utara jumlah penduduk 51.256 jiwa, belum melakukan perekaman 5.840 jiwa, dan Kota Ternate Tengah jumlah penduduk 59.441 jiwa yang belum melakukan perekaman sebanyak 7354 jiwa.

Lanjutnya, untuk Ternate Pulau seperti Moti dengan jumlah penduduk 5.186, belum perekaman 523 orang, untuk pulau Batang Dua juga dengan jumlah penduduk 2.930, belum perekaman 609 sedangkan untuk pulau Hiri dengan jumlah penduduk 3.138 yang belum perekaman 337


“Harapan kami kepada Penduduk yang belum melakukan perekaman eKTP yang tersebar kelurahan maupun pulau ternate agar secepatnya melakukan perekaman di spot yang sudah disediakan Dukcapil Kota Ternate” harapnya. (ind/red)
Komentar

Berita Terkini