|

Berkas La Gode Resmi Diserahkan Ke Denpom XVI/1 Ternate


Foto : Kasubdit III Krimsus Polda Malut, AKPB. Mikael Sitanggang

TERNATE, BRINDOnews.com - Berkas kasus dugaan penganiaan terhadap La Gode (34) warga Kecamatan Lede, Kabupaten Pulau Taliabu yang Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Malut, Rabu (17/1/2018, resmi diserahkan
ke Denpom XVI/1 Ternate.

Berkas yang diserahkan karena hasil penyidikan dan penyelidikan Ditreskrimum menemukan adanya indikasi keterlibatan oknum TNI yang bertugas di Pos Satuan Tugas (Satgas) 732/Banau, Kecamatan Lede pada 24 Oktober 2017.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Malut, Kombes Pol, Dian Harianto melalui Kasubdit III, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mikael Sitanggang kepada wartawan diruang kerjanya Kamis (18/1/2017) mengatakan, untuk berkas kasus dugaan penganiaan tersebut, telah dilimpahkan ke POM untuk di lakukan penyelidikan lanjutan.

“ Berkas perkara kasus itu, sudah kita serahkan ke POM XVI/1 ternate ,” ungkap Mikael.

Menurutnya, dalam penanganan kasus tersebut, hingga saat ini Polda belum menetapkan satu tersang aka tetapi ada dugaan keterlibatan oknum TNI dalam kasus tersebut. Berkas kasus tersebut dilimpahkan untuk di lakukan penyelidikan lanjutan di pihak TNI sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku.

“ Dari beberapa barang bukti yang kami serahkan ke POM itu, salah satunya adalah hasil uji laboraturium forensik polri wilayah Makassar ,” katanya.

Mikael menambahkan penyerahan berkas perkara kasus yang ditangani sebelumnya itu, berlangsung di kantor Denpom XVI/1 Ternate dan diterima langsung  Dandenpom Ternate pada pukul 08:00 Wit.

Mikael juga menegaskan, dari hasil gelar perkara secara bersama-sama dengan perwakilan Pomdam XVI/Pattimura dan POM Ternate yang dilaksanakan di kantor Ditreskrimum pekan lalu, telah menyepakati jika kedepan kasus tersebut ada dugaan keterlibatan oknum lainya diluar dari oknum TNI, Polri akan tetap melakukan penyelidiakan.

“ Kalau memang ada, kasus itu akan ditangani, tapi kalau untuk dugaan keterlibatan oknum itu sudah serahkan ke POM ,” ucapnya.

Terpisah, Denpom XVI/1 Ternate, Letkol CPM Ali Mustofa saat dikonfirmasi membenarkan adanya penyerahan berkas kasus dugaan penganiaan La Gode sudah diserhkan Ditreskrimum Polda Malut.

“ Iya berkas itu sudah kami terima kemarin, dari Polda ,” singkatnya sembari mengatakan akan ditindaklanjut sebagaimana mestinya. (red/Shl)

Komentar

Berita Terkini