|

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, SMK Putera Bahari Gelar Aneka Lomba Islami


Foto Bersama Usai Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW

TERNATE,BRINDOnews.com - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Putera Bahari Kota Ternate, menggelar beraneka Ragam lomba keagamaan, Sabtu (2/12/2017). 

Peringatan Maulid Nabi dengan tajuk "Keteladanan Ahklak Nabi Muhammad SAW Sebagai Landasan Meraih Prestasi" itu dipusatkan di aula SMK Putera Bahari, serta diikuti sebanyak 250 siswa. 

Kepala Sekolah SMK Putera Bahari Ternate, Umar Mochtar mengatakan, acara tersebut sebagai sarana untuk memperkuat tali sillaturrahmi antara murid dan dewan guru, ini  merupakan kegiatan rutin guna memperingati hari besar Islam. " Perlombaan yang digelar tersebut, yakni lomba musabaqah Tilawatil qur'an, musabaqah hiznil qur'an, puisi islami, serta lomba adzan. Dengan acara ini, diharapkan dapat meningkatkan minat anak didik untuk terus belajar tentang agama yang harus dipupuk sejak dini mungkin ", ujarnya.

Menurutnya, lomba ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kompetensi anak-anak,  diusia tersebut kegiatan seperti ini sangat diperlukan untuk melatih kepada hal-hal yang baik dan bermanfaat. " Selain untuk menumbuhkan bakat minat para siswa, lomba ini juga sebagai evaluasi terhadap hasil pembelajaran yang selama ini telah mereka ikuti, khususnya di bidang Agama Islam ", jelasnya Umar

Kata Umar, adanya degradasi moral dewasa ini terutama di kalangan generasi muda karena jauh dari tuntunan dan teladan Rasulullah SAW. " Harus ada revolusi mental di bidang akhlak bagi generasi muda, seperti sopan santun, etika, moral, kasih sayang pada sesama manusia harus tetap diwariskan pada anak-anak kita, karena inilah bagian dari akhlak mulia Rasulullah ", katanya.

Lanjutnya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertujuan untuk menjadikan kecintaan terhadap keteladanan, kemuliaan akhlak, sebagai tauladan yang diwariskan kepada umatnya keberadaan sosok yang paling berpengaruh dalam sejarah peradaban manusia.

" Peringatan Maulid bukan hanya sekedar kegiatan seremonial untuk diperingati begitu saja namun lebih dari itu hendaknya dapat dicontoh, diteladani dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lebih khusus lagi acara ini berfungsi sebagai sarana pembinaan dalam upaya memupuk serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT ", pintanya

Selain lomba keagamaan, kata Umar, Peringatan maulid itu juga dipadukan dengan
tarian islami (Tarian khas melayu). " karena Tarian juga sebagai wadah sosialisasi keislaman ", tuturnya. 

Untuk itu dia (Umar Mochtar-red) berharap dengan adanya Maulid Nabi Muhammad SAW, semakin kita perkuat dan tanamkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, agar dapat mengambil hikmah dan  meniru suri tauladan yang dimiliki Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan bekal dalam diri dan kehidupan sehari-sehari. (Emis/red)
Komentar

Berita Terkini