|

Tidak Ada Dampak, Anggaran WIFT Tak Diakomodir



Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku Utara Wahda Zaenal Imam

SOFIFI, BRINDOnews.com – Perhelatan Even Widi International Fishing Tournament (WIFT) yang baru saja di helat terancam  akan tidak diakomodir anggaranya pada  usulan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017. Hal ini dikatakan ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara Wahda Zaenal Imam kepada wartawan Kamis (9/11/2017).

Kata dia, WIFT itu tidak ada dampak apapun terhadap masyarakat, akan tetapi mereka selalu ngotot untuk mengusulkan anggaranya, WIFT di Kepualuan Widi itu bukan alasan mendesak untuk mengusulkan  anggaran pada APBD-P tahun 2017, tidak alasan hukum apapun. WIFT itu tidak ada dampak apapun terhadap masyarakat,".

Ada kecurigaan pemererintah provinsi maluku utara ingin menyelamatakan anggaran yang telah dipakai tanpa ada persetujuan DPRD untuk diakomudir dalam APBD-Perubahan 2017. "Kami tidak mau jadi stempel post, kami tidak tahu ujung masalahnya, jika sampai pidana kami juga terlibat," cetusnya.

Disentil apakah ada konsekuensi hukum terkait anggaran yang tercantum dalam APBD Induk 2017 dipakai untuk kepentingan event WIFT 2017 di Kepulauan Widi Kabupaten Halmahera Selatan yang tidak masuk dalam pembahasan APBD Induk 2017. Dirinya mengatakan pasti ada konsekuensi hukum. Alasanya event WIFT bukan sesuatu yang bersifat emergensi.

Dalam ketentuan penggunaan anggaran sebelum perubahan itu adalah hal yang mendesak kalau tidak dilakukan maka pemerintah dan rakyat bisa rugi WIFT itu dampaknya apa," pungkasnya.

Kata Wahda, sebelumnya tidak sampaikan persetujuan penggunaan anggaran mendahului perubahan, seharusnya mereka sampaikan kepada DPRD sebelum menggunakan anggaran itu supaya ditampung diperubahan tetapi justru mereka tidak melakukan mekanisme itu. (bud)


Komentar

Berita Terkini