|

PT ARA Selesaikan Pembayaran Lahan Warga


Foto Ilustrasi, Uang Tunai Pecahan 100 ribu

HALTIM, BRINDOnews.com - Lahan milik warga 5 Desa di Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) tahap kedua akhirnya diselesaikan PT Alam Raya Abadi (PT ARA) terhitung di bulan Oktober, November dan Desember 2017.

“Pemberian kompensasi atas lahan warga yang masuk di areal pertambangan diantaranya desa, Subaim, Cemara Jaya, Batu Raja, Gulapapo dan Desa Dodaga”.

Kordinator penanggung jawab pemberian kompensasi pemilik lahan warga, Jaelan Samaun menjelaskan, berdasarkan dengan nota kesepakatan tahun 2013 lalu, perusahaan membayar per pemilik lahan senilai Rp 3 juta sudah direalisasikan dengan baik. Sementara pemberian kompensasi tahap pertama di bulan Januari tahun 2014 berdasarkan nota kesepakatan per pemilik lahan sebesar Rp 2 juta juga sudah selesaikan.

Meski begita kompensasi tahap dua tahun 2014 tidak  lagi direalisasikan lagi, akibat terbentur dengan pemberlakuan undang-undang minerba nomor 4 tahun 2009 tentang kewajiban perusahaan untuk melakukan permunian hasil tambang, segala bentuk operasi produksi dihentikan sampai ada ketentuan lebih lanjut, " jelas Jaelan,  Rabu 29/11/2017)

Kata dia, PT ARA yang bekerja di bidang pertambangan biji nikel di Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur akan kembali beroperasi tahun 2017 ini. Selaku koodinator penanggungjawab  sudah berkordinasi dengan pihak perusahan dan hasilnya disepakati
Untuk pembayaran kompenisasi di akhir tahun 2017 dan awal 2018

"Dari hasil kordinasi dengan pihak PT ARA, sudah disepakati pemberian kompensasi akhir tahap dua tahun 2017 dan selanjutnya pemberian kompensasi di awal 2018,". Nilai yang di sekepati per lahan warga akan di berikan kompenisasi senilai Rp 1 juta dengan alasan pihak perusahan awal porduksi pada 15 Oktobe tahun 2017”

Sementara untuk tahun 2018 pihak perusahan akan membeirkan kompenisasi per lahan warga senilai Rp 2 juta. “ Kami sudah koordinasi dan ada kesepakatan dengan perusahan, pihak yang memiliki lahan harap bersabar (San)




Komentar

Berita Terkini