|

Pelaku Pembuatan E-KTP Palsu Diringkus Polisi


Foto, Ilustrasi E-KTP Palsu

TIDORE, BRINDOnews.com – Kepolisian Resort (Polres) Kota Tidore Kepulauan meringkus Muhammad Abduh alias Rep (39) warga Kusu Kecamatan Oba Utara  yang diduga mengambil alih tugas kewenangan  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tidore Kepulauan dengan cara memproduksi e-KTP bodong.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkot Tikep Mahdi Yunus saat ditemui wartawan media ini, Kamis (30/11/207) siang tadi mengakui ada penemuan e-KTP palsu seperti yang di ungkap Polres Tidore.

Sebelumnya sudah di terima Dinas Dukcapil Kota Tikep. “ Laporan itu sudah terima dari petugas lapangan pada dua bulan lalu yang terjadi di Sofifi Kecamatan Oba Utara,” ungkap Mahdi Yunus.

Meskipun telah mendapat laporan dan barang bukti adanya e-KTP palsu tersebut, Mahdi Yunus mengakui temuan ini belum dilaporkan ke pihak keamanan untuk ditindaklanjuti.

“ Masalah ini belum dilaporkan pimpinan kita (Kadis-red) menahan dan mengatakan kalau laporan itu sudah dalam incaran intelejen dari Polres Tikep,” bebernya.

Mahdi juga mengatakan, setelah menerima laporan itu, dirinya langsung melakukan pendalaman dan berhasil menemukan pelaku pembuat e-KTP yang masih berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Maluku Utara.

“Kalau dari informasi, e-KTP itu dibuat saat dia (pelaku-red) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di salah satu desa di Tikep, dan e-KTP itu dibuat karena pemilik rumah yang saat itu ada melakukan kepengurusan yang harus membutuhkan e-KTP, makanya dia langsung membuat tanpa melakukan perekaman sesuai dengan prosedur di Dukcapil,” katanya.

 “ Foto di KTP palsu itu sangat kabur, dan kologramnya tidak ada serta Nomor Induknya sangat beda jauh dengan KTP asli,” tutupnya.(emis/red)
Komentar

Berita Terkini