|

Mahasiswa Prodi Geografi STKIP Dibekali Pengetahuan Kewirausahaan



Materi Kewirausaha
TERNATE, BRINDOnews.com – Sebagai mahasiswa tidak hanya memerlukan ilmu dari perguruan tinggi untuk meraih kesuksesan karir, akan tetapi memerlukan pengetahuan kewirausahaan untuk menjadi seorang entrepreneur yang handal.

Menyikapi hal tersebut, Program Studi (Prodi) Geografi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Ternate, Rabu (29/11/2017) pagi tadi menggelar pelatihan dan magang kewirausahaan terhadap mahasiswanya. 

Dalam pelatihan ini, Prodi Geografi mendatangkan praktisi yang sesuai dengan keahlian kewirausahaan. Pelatihan kewirausahaan tersebut diikuti sebanyak 90 mahasiswa dari tiga semester berbeda.

Ketua Program Studi Geografi STKIP Kie Raha Ternate, Alwi La Masinu mengatakan, maksud dan tujuan dilakukannya kegiatan ini agar mahasiswa dapat memiliki kompetensi kewirausahaan dan bisnis serta melatih mahasiswa menjadi wirausahawan dan bisnis agar mampu bertindak mendirikan usaha yang layak dengan memanfaatkan peluang yang ada pada saat tertentu dan di daerah tertentu.

“ Kegiatan ini bertujuan me-numbuhkan jiwa bisnis para mahasiswa, sekaligus mendorong pembelajaran kewirausahaan ", kata Alwi

Foto Bersama Usai Kegiatan kewirausaha
Menurut Alwi, kondisi lapangan yang makin hari makin memprihatinkan membuat mahasiswa semakin sulit dalam mendapatkan lapangam pekerjaan.  " Melalui pelatihan ini mahasiswa mampu melakuka  terobosan-terobosan didalam melakukan usaha, para mahasiswa mampu memberikan kontribusi riil untuk memperkecil jumlah pengangguran ",  ujarnya

Hal serupa juga disampaikan salah satu mahasis prodi geografi, Amelia Mahmud, apa yang dilakukan prodi geografi dalam membekali diri para mahasiswanya dengan pengetahuan kewirausahaan tidak lain merupakan bagian dari upaya untuk mengkreasi bagaimana cara untuk mengurangi atau meminimalkan besarnya jumlah angkatan kerja dengan lapangan kerja yang ada. ” Kami yakin dengan adanya pelatihan-pelatihan kewirausahaan ini para mahasiswa bisa menciptakan lapangan kerja sendirinya ", katanya.

Kata Amel (Sapaan akrabnya), pelatihan dalam rangka membekali diri dengan kewirausahaan ini bertujuan agar para mahasiswa lebih familier dengan dunia bisnis. “ Ini untuk menjawab tantangan makin terbatasnya kesempatan untuk menjadi PNS serta karyawan. Sementara untuk menggeluti dunia usaha masih sangat besar ", terang Amel

Menurut Amel, pelatihan bisnis bertujuan sebagai sarana pembelajaran terhadap mahasiswa untuk mengenal bisnis sejak dini. " Kegiatan ini sebagai upaya pemberian pengetahuan tentang cara meningkatkan capacity building dalam bisnis karena belum semua tahu mengapa kita harus menjadi pengusaha serta bagaimana cara memulai dan menjalankan bisnis ", tuturnya. (Emis/red)






Komentar

Berita Terkini