|

Kopipede Gelar Diskusi 'Gerakan Sadar Demokrasi Berbasis Kepulaun



Diskusi Kopipede Goes To Campus
Ternate, Brindonews.com - Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (Kopipede) Maluku Utara menggelar Diskusi bertajuk Gerakan Sadar Demokrasi Berbasis Kepulauan yang di pusatkan di lantai III Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah (UMMU), Jalan KH. Ahmad Dahlan Kelurahan Sasa Ternate Selatan, Sabtu 18/11/2017.

Diskusi ini di sponsori oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut dan UMMU Ternate. Hadir dalam diskusi ini, Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo sekaligus menjadi narasumber bersama Dr. Muhlis Hafel, M.Si Akademisi UMMU yang di pandu moderator M. Zen A. Karim.
Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo mengingatkan pentingnya kesadaran berpolitik dan berdemokrasi di kalangan mahasiswa untuk ikut serta berpatisipasi dalam pemilihan kepala daerah (Kada) 2018 mendatang.

"Saya berharap agar kita semua bisa mengawal proses politik di tahun 2018 mendatang, tidak harus penyelenggara yang melakukan tugad itu tapi kita semua punya kewajiban", tuturnya.

Sementara itu, Muhlis Hafel akademisi UMMU  mengungkapkan tentang pentingnya peran kampus dalam mengawal demokrasi di daerah. Tak hanya itu, Dosen Ilmu Politik ini juga berharap agar partai politik tak hanya menjadi instrumen politik saat pemilihan saja, tapi harus menjadi instrumen pendidikan politik.

"Bagi saya kampus menjadi elemen penting dalam mengawal demokrasi. Kekuatan politik bukan hanya berada pada partai politi, tapi kaum intelektual juga menjadi kekuatan utama politik dan itu ada di kampus", jelasnya.

Terpisah, Ketua Panitia Ardan Yusup kepada brindonews.com mengatakan kegiatan diskusi Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (Kopipede) Goes to Kampus ini bertujuan untuk membantu KPU dalam melaksanakan tahapan-tahapan  Pilkada di Malut.

Diskusi ini di akhiri dengan sesi tanya jawab dari masing-masing peserta yang hadir. (ricko)



Komentar

Berita Terkini