|

Kendaraan Logistik Milik PT NHM Dipalang Perkumpulan Kades


Kendaraan Logistik Milik NHM Dipalang Warga dan Perkumpulan Kades

TOBELO, BRINDOnews.com, Sejumlah kepala Desa serta masyarakat Kecamatan Malifut akhirnya melakukan aksi pemalangan kendaraan angkuatan milik PT Nusa Halmahera Mineral (NHM).

Aksi pemasangan ini dengan tujuan menuntut pihak NHM untuk membatalkan kebijakan penghapusan pajak bumi, Bangunan dan Beras sejahtera yang sudah diprogramkan CSR.

Aksi tersebut, mengakibatkan sejumlah kendaraan yang memangku logistik milik PT NHM tidak bisa menuju lokasi perusahaan, lantaran di palang masa aksi.

Ketua forum Kades Malifut, Akib Hamid, kepada reporter Brindonews.com Minggu (5/11/210) mengatakan, aksi penolakan penghapusan pajak dan raskin dalam CSR PT. NHM ini dilakukan, karena kebijakan yang diambil manajemen itu sepihak dan merugikan warga lingkar tambang.

Kata dia, ada tiga tuntutan yang kami sampaikan selain menolak penghapusan PBB dan Raskin dari Budget, tetapi juga mempertanyakan kepada manajemen PT terkait PHK karywan lokal serta mendesak perbaikan sistem program pengelolaan CSR, yang sampai detik ini masih amburadul.

Aksi boikot logistik milik PT. NHM itu menurutnya, satu-satunya langkah tepat untuk membuat manajemen NHM merespon, sebab upaya koordinasi dan menyurat untuk membahas masalah tersebut tidak pernah direspon, katanya.

"Kami pemdes dan pemerintah Kecamatan Malifut pernah mengeluarkan rekomendasi terkait kebijakan mereka kemudian meminta sosialisasi, tetapi tidak ada balasan, tentunya membuktikan  bahwa perusahan tidak hargai kami,"ujarnya.

Ketua forum Kades menambahkan, aksi blokade logistik PT. NHM itu akan terus berlanjut sampai tuntutan mereka dipenuhi."kami sudah buat posko di dusun Beringin, dan aksi boikot kendaraan PT. NHM tetap dilakukan hingga manajemen respon pernyataan sikap dari kami,"tandas (mj)

Komentar

Berita Terkini