|

Fachri, Danau Laguna Bukan Solusi Mengatasi Air Bersih Di Kota Ternate



Danau Laguna, Yang Rencanakan Untuk Pemanfaatan Sebagai Sumber Air Bersih oleh PDAM Kota Ternate

TERNATE, BRINDOnews.com – Rencana PDAM dalam penamfaatan Danau Laguna sebagai sumber air minum buat masyarakat kota Ternate, sangat keliru, sebab tidak diawali dengan studi kelayakan. Sebelum pihak PDAM  melakukan studi Analisis Mengenai Dampak lingkungan (AMDAL), harus didahului dengan studi kelayakan agar diketahui soal perencanaan, teknis, teknologi lingkungan, dampak social budaya, ekonomi. “Harus dipikirkan perencanannya, ungkap Pemerhati Lingkungan Hidup Fachri Rasyid Ichsan kepada Reporter Brindonews.com (21/11/217)

Menurutnya, jangka waktu menjadi pedoman dalam satu perencanaan system penyediaan air bersih sehingga publik pun tahu ketersediaan air danau Laguna bisa menjawab krisis air di Kota Ternate dalam waktu lama. “ Danau Laguna adalah Danau Vulkanik, ibarat Air genangan sehingga diperkirakan dapat digunakan dalam waktu 3 sampai 4 tahun mendatang,” 

kata Arie, sapaan akrabnya, Selain konsumsi air danau dalam waktu singkat, eksploitasi danau tersebut berdampak besar terhadap lingkungan sekitar. “Jadi Danau Laguna bukan solusi mengatasi krisis Air bersih di Kota Ternate,’ tuturnya.

Menurut dia, mengatasi krisis Air bersih di Kota Ternate, pemerintah kota harus membuka diri dan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi agar menyediakan layanan Air yang bertahan lama, karena krisis air adalah masalah serius di kota ini. 

“Contoh lain dalam mengatasi krisis Air ini seperti menyalurkan Air di daratan Halmahera dengan menggunakan sisitem pipa bawa laut. Meski anggarannya besar, tapi manfaat dan daya tahannya lama,” terangnya.(alf)
Komentar

Berita Terkini