|

Dua Anggota Polres Ternate Resmi Diberhentikan


Upacara Pemberhentian Dua Anggota Polres Ternate

TERNATE, BRINDOnews.com - Dua anggota Polisi di Polres Ternate Provinsi Maluku Utara (Malut) yakni Brigpol Yamin Tidore dan Bribda Riski Lamrainu resmi di pecat dari anggota kepolisian. Pemberhentian  tersebut di lakukan saat upacara PTDH yang gelar Polres Ternate Senin (27/11/2017).

Upacara pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kedua anggota itu dipimpin langsung Kapolres Ternate, AKBP. Kamal Bachtiar dan dihadiri langsung Waka Polres Ternate, Kompol Widi Haryawan S. IK, Kasat Narkoba Polres Ternare, AKP. Muh. Ibrahim dan sejumlah jajarannya ini berlangsung khidmat. 

Kapolres Ternate, AKBP. Kamal Bachtiar dalam sambutannya mengatakan, upacara PTDH sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan kepolisian. " Saya tidak bangga memecat anggota atau anggota di PTDH yang terjadi di Polres Ternate, dan sangat disesalkan yang bersangkutan tidak hadir dalam upacara PTDH. Itu tandanya yang bersangkutan tidak mempunyai tanggung jawab ", katanya.

Meski begitu, AKBP. Kamal Bachtiar selaku Irup Upacara PTDH, mengajak kepada seluruh personil Polres Ternate agar bisa introspeksi diri dan jadikan upacara ini sebagai cerminan serta pembelajaran agar bisa menjadi pribadi yang baik dalam menjalankan tugas secara profesional dan terus bekerjalah dengan Ikhlas dan tujuan positif untuk keluarga, institusi dan negara.

Kata Kamal (sapaan akrabnya), pemberhentian kedua anggota tersebut karena melanggar kode etik profesi polri (KEPP). Brigpol Yamin Tidore, melanggar pasal 12 ayat 1 huruf (a) PP No 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota Polri dan Pasal 22 ayat 1 huruf (a) Perkap No 14 tahun 2011 tentang KEPP.

Lanjutnya, Bripda Riski Lamrainu melanggar Pasal 14 ayat 1 huruf (a) PP No 1 tahun 2003 tentang pemberhentian bagi anggota Polri dan pasal 21 ayat 3 huruf (e) perkap No 14 Profesi Polri. " Sebelumnya kedua bersangkutan ini sudah ikut sidang KEPP, dan hari ini upacaranya ", jelasnya,(Emis)
Komentar

Berita Terkini