|

Dana Desa Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Desa



Anggota DPD RI Dapil Maluku Utara Abdurahman Lahabato


SOFIFI, BRINDOnews.com - Kepala-Kepala Desa diharapkan mengelola Dana Desa (DD) untuk pertumbuhan ekonomi di Desa. Tujuan sesungguhnya Dana Desa itu memicu pertumbuhan ekonomi jika Dana Desa di alokasikan untuk kegiatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), ungkap Anggota DPD RI dapil Maluku Utara, Abdurhaman Lahabato, Rabu 07/11/2017 malam.

"Ternyanta hampir semua desa yang di datangi, alokasi belum pada implementasi. Padahal implementasi pasti mendorong pertumbuhan ekonomi di desa. Lebih banyak pada implementasi pembangunan-pembanguan fisik," ucapnya.

Dirinya menambahkan,  Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas beberapa waktu lalu mengarahkan kepada Menteri Desa agar 2018 itu dana desa di arahkan pada kegiatan padat karya tapi bukan berarti padat karya lalu dana yang di alokasi untuk BUMDES itu tidak di alokasikan.

Kata dia, ada alokasikan ke BUMDES, jika bergerak bagus negara-negara yang memiliki perekonomian yang kuat itu bisa saja Indonesia masuk di dalamnya, ekonomi kalau tumbuh di desa, pasti berbeda dengan negara-negara memiliki ekonomi yang tumbuh cepat. "Saya lihat belum maksimal penggunaan dana desa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di desa karena badan usaha milik desanya belum jalan dengan baik," cetusnya.

Disentil terkait pengelolaan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa di Maluku Utara, dirinya mengatakan, ada dugaan penyalahgunaan DD maupun ADD. Itu soal leadership dan moral tapi itu tidak semua.

" Jangan sampai satu dua orang kepala desa yang berusaha baik bisa tercemar akibat ulah dari kepala desa lain yang menyalahgunakan anggaran DD maupun ADD  tidak sesuai dengan peruntukkannya," .  (bud)

Komentar

Berita Terkini