|

Pemkot Ternate Gelar Rapat Koalisi Kota Tangguh


Foto Bersama Forkompimda Ternate

Ternate-BRINDOnews.com Setelah Ternate dijadikan salah satu pilot project Kota Tangguh Bencana oleh Palang Merah Indonesia (PMI) beberapa waktu lalu, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman melakukan rapat bersampa Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), selain pertemuan juga da kegiatan launching Kota Tangguh, kegiatan ini dipusatkan di Royal Resto Selasa (03/10/2017).

Ketua Koalisi Kota Tangguh, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman yyang juga sebagai Ketua Koalisi Kota Tangguh mengatakan, secara geogragis, Ternate rawan akan bencana, dimana pulau yang terdapat pusat gunung berapi (Gamalama) dan di kelilingi pantai.

Kata dia, dampak dari geografis ini serimg menimbulkan keresahan masyarakat. Ternate notabennya di keliling pantai dan gunung api. Persoalan abrasi dan air bersih menjadi perhatian serius bagi pemerintah Kota Ternate. Olehnya itu sangat penting untuk diperhatikan.

Sementara Ketua PMI Kota Ternate Ahmad Yani Abdurahman mengatakan Kota Tangguh adalah program yang menitik beratkan seluruh koalisi kemitraan, dalam hal mengatasi perubahan iklim dan resiko wilayah pesisir melalui pesaing dan dokumentasi serta solusi wilayah ketahanan pesisir yang melibatkan seluruh kepentingan dan mengedepankan ketahanan masyarakat"

 " Air bersih, sampah dan gunung berapi merupakan isu utama pilot project dalam Ternate sebagai kota tangguh.
 " Ini yang nantinya kita jadikan sebagai isu dalam implementasi Ternate sebagai kota tangguh nanti ", kata dia

Lanjutnya, sudah ada pendatanganan nota kesepakatan  Momerendum Off Understanding (MoU)  bulan Maret lalu. Pada bulan yang sama juga pihaknya telah meluncurkan program Ternate sebagai kota tangguh. " Bulan Februari lalu Stand Up di Kota Bogor”,  singkat Ahmad Yani yang juga sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah.

Terpisah, Letjen TNI Purnawirawan Sumarsono mengatakan, "PMI dalam program kerja sama dengan Banpos dan beberap program Kabupaten/kota yang terpililah program kota tangguh. " Jadi program pesisir misi ini, dipilih Kota Semarang dan Ternate”.

Kegiatan ini dihadiri unsur muspida Wakil Wali Kota Ternate, Danlanal Ternate, Kapolres Ternate, Dandim Ternate, Ketua PMI pusat, Kepala Dinas BPBD, kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Ternate serta sejumlah SKPD, Camat dan tamu undangan lainnya,(shl) 

Komentar

Berita Terkini