|

Bapemperda DPRD Bahas Ranperda Penanaman Modal


Ketua Bapemperda DPRD Kota Ternate Nurlaela Syarif  Bersama Anggota 
TERNATE, BRINDOnews.com - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, melaksanakan rapat lanjutan terkait harmonisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) insiatif Komisi I bersama tim Asistensi dari Kanwil Hukum dan Ham Provinsi Maluku Utara, yang di gelar di ruang Graha Ici Kantor DPRD Kota Ternate, Senin (30/10). Rapat kali ini, Bapemperda DPRD bersama tim asistensi perwakilan dari Kanwil Hukum dan Ham Malut membahas Ranperda tentang Penanaman Modal.

Ketua Bapemperda DPRD Kota Ternate, Nurlaela Syarif usai rapat mengatakan, mekanisme pembahasan Ranperda sangat detail, dimana tim asistensi baik pihak kanwil hukum dan HAM yang meninjau dari aspek hukum perancangan, diperkuat juga dari berbagai tinjauan baik sosiologis dan ekonomi.

Suasana Rapat Bapemperda DPRD Kota Ternate Bersama Kanwil Hukum dan Ham 
Politisi Nasdem ini menjelaskan mekanisme pembahasan mengunakan metode Daftar Inventaris Masalah (DIM) secara detail berdasarkan pasal demi pasal. Dimana setiap pasal di bedah dan di bahas mulai dari norma, muatan materi, hirarki aturan perundangan sampai pada kewenangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Tak hanya itu, satu per satu batang tubuh dan muatan norma setiap Ranperda di bahas sesuai dengan fenomena dan persoalan ekonomi serta fakta di lapangan harus sesuai kebutuhan daerah.


"Banyak masukan di pasal tentang kerjasama dalam penanaman modal, soal muatan asas dan tujuan. Pembahasan cukup alot karena Sampe sore tadi baru bahas sampai pada pasal 9 dari total 30 pasal usual Ranperda penamaman modal", jelasnya.

Dia juga menambahkan, pembahasan Ranperda penanaman modal ini akan dilanjutkan pada besok hari. Jika Ranperda penanaman modal ini telah selesai maka akan dilanjutkan dengan pembahasan Ranperda  Kepemudaan. (ricko)
Komentar

Berita Terkini