|

Angka Coba Pakai Narkoba Di Malut Meningkat,


Kepala BNNP Provinsi Maluku Utara Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)  Drs. Richard M. Nainggolan

TERNATE, BRINDOnews.com - Angka coba pakai pengguna narkoba di Maluku Utara setiap tahun, dengan adanya peningkatan ini Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara fokus pencegahan dini pada pelajar di bangku pendidikan tingkat dasar hingga atas.

Berdasarkan data hasil penelitian terakhir BNNP Malut, hingga tahun 2017 ini pengguna narkoba di Malut mencapai 14.988 ribu penyalagunaan yang penyebarnya di masing-masing Kabupaten/Kota.

Kepala BNNP Malut Brigjen Drs. Richard M. Nainggolan, kepada wartawan di ruang kerjanya (20/10/2017) mengatakan, BNNP Malut dalam memberantas narkoba saat ini fokus pada pencegahan  angka coba pakai. Dimana angka coba pakai ini merupakan pengguna baru narkoba yang sedang mencoba-coba menggunakan narkoba yang notabenenya adalah pelajar. "Konsen BNNP pada angka coba pakai untuk pencegahan dini tentang bahaya narkoba", singkatnya.

Dari sekian penyalaguna narkoba hampir 50 persen adalah pengguna baru atau anggka coba pakai yang baru mencoba menggunakan narkoba, hal ini yang membuat BNNP Malut fokus pencegahan dan antisipasi melalui pola pendidikan. 

Menurutnya, dalam pencegahan bahaya narkoba lewat kurikulum pendidikan dimana Pemda Kabupaten/Kota menerbitkan Peraturan Bupati/Walikota yang menjadi regulasi dalam pelaksanaan pembelajarannya, sementara BNNP Malut punya kewajiban untuk meningkatkan kemampuan para guru termasuk menyusun materi dan modul pembelajaran untuk di terapkan di sekolah.

"Hal ini dilakukan untuk mengurangi bahkan mengantisipasi angka coba pakai penyalagunaan narkoba", tutupnya. (ricko)


Komentar

Berita Terkini