|

Gempa Bumi Guncangkan Halbar




HALBAR, BRINDONEWS.com - Halmahera Barat diguncang gempa bumi, pusat gempa terletak pada 1.03 LU dan 127.39 B, tepatnya di 9 Km Barat Daya. Dikedalaman 6 Km. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Rabu, (28/09/2917) sekira 22.09 WIT.

Kepala BMKG Malut Kustoro Hariyatmoko mengatakan, dari hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Ternate menunjukkan gempa bumi terjadi dengan kekuatan 2.4 Skala Richter. Dengan kedalaman 6 Km. Informasi berdasarkan laporan dari pihak Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Barat. Gempa tersebut dirasakan pada skala II MMI di wilayah Jailolo dan sekitarnya.

berdasarkan laporan yang diterima sejumlah gempa tersebut setidaknya telah terjadi 16 kali dirasakan oleh sebagian warga Jailolo terutama di desa-desa di sekitar gunung Jailolo,  walaupun demikian sampai saat ini belum ada laporan adanya korban atau kerusakan bangunan,"ujarnya.

Dikatakan, gempa bumi yang terjadi di Jailolo Halmahera Barat ini memiliki kemiripan dengan gempa bumi yang terjadi akhir tahun 2015, namun demikian untuk menentukannya perlu kajian ilmiah yang lebih mendalam. Terkait dengan kejadian gempabumi di Jailolo Halmahera Barat ini.

"Kami bersama pihak BPBD sudah mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpancing isu dari sumber yang tidak bertanggung jawab. "tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan warga sudah beraktifitas seperti biasa," ungkapnya.(Mul)


Komentar

Berita Terkini