|

Desak Pemda Tertibkan Impor Barito Dari Manado



Bawang Rica Tomat yang di Jual di Pasar

TOBELO,BRINDOnews.com - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM)  Kabupaten Halmahera Utara (Halut) desak kepada Dinas Perdagangan Halut, agar menertibkan pasokan Barito dari Manado. Hal ini disampaikan Sekretaris Umum PC IMM Halut, Cut Malinda T Ali Brindonews.com senin (25/9/2017)

Hal ini dilakukan akibat barito milik petani lokal tidak lagi dipasaran, misalkan stok pasar untuk bawang, Rica,  dan Tomat. (Barito)  telah diborong dari Manado ke halut dan itu berdampak pada penghasilan para petani yang berjulan dipasar

Mestinya Disperindag Halut harus menjaga stok impor jika barang yang bisa di produksi oleh Petani Barito Galela, kenapa tidak diperdayakan untuk bagimana memperdayakan hasil panen Tani lokal

Salah petani Samsudin Jamrud kepada awak media membenarkan ada sekitar 100 Hektar Tani gagal panen dikarenakan harga perkilo di pasar terlalu murah,lantaran stok dari Manado lebih mendominasi di pasar. Pemda Halut mestinya memperhatikan masalah ini.

Sementara Kepala Dinas perindutrian dan Perdagangan (Disperindag Halut Abdu Husein mengatakan, jika benar, ada impor barito yang mengganggu kestabilan pedagang lokal, pemda suda menetapkan standar important,tutupnya.(jum) 
Komentar

Berita Terkini