|

Bekraf Sosialisasi Ekonomi Berbasis Web


Foto Bersama Peserta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

TERNATE, BRINDONEWS.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia Direktorat Riset dan Pengembangan Ekonomi Keratif Deputi Riset, Kamis, (27/9/2017 melakukan sosialisasi yang dipusatkan di ruang Aula Safir Emerald Hotel lantai tiga. Kegiatan ini bertajuk " Bisma Goes to Get Member (BIGGER)", yang dihadiri langsung Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR - RI) Dapil Maluku Utara,  Irine Yusiana Roba Putri, Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Badan Ekonomi Kreatif, Wawan Rusiawan dan pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Ternate. 

Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Badan Ekonomi Kreatif, Wawan Rusiawan dalam sambutannya, hampir empat ribu lebih pelaku ekonomi kreatif yang sudah terdaftar di BISMA. Aplikasi akan terus dilakukan di Indonesia. Yang sudah terdaftar akan mendapat fasilitas seperti akses modal, pemasaran, dan infra­struktur. 
" Dengan aplikasi ini, kita juga bisa melihat sebaran pelaku ekonomi kreatif di In­donesia ”, ujar Wawan Rusiawan.

Lanjutnya dia, lewat aplikasi BISMA, kedepannya pelaku ekonomi kreatif bisa terkafer. Selain itu Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan analisis hasil sensus ekonomi untuk pengembangam kedepannya. " Nah,  ini juga akan menambah data di Bisma untuk pengembangam Bisma ke depan lebih baik", ucap Wawan

Terpisah Anggota DPR - RI, Irine Yusiana Roba Putri mengatakan, BISMA (Bekraf Information System in Mobile Application), merupakan aplikasi berbasis web dan smartphone (Android & iOS), yang dapat digunakan oleh para pelaku ekonomi kreatif untuk mendaftarkan jenis usahanya sekaligus memperoleh bera­gam dukungan dan fasilitas dari Bekraf.

Irine menyebutkan, smartphone merupakan salah satu teknologi yang menghasilkan berbagai macam informasi. " Semua informasi kita akses lewat android. Mau cek berita boleh, Selain itu kata Irine, pelaku ekonomi kreatif khususnya Maluku Utara harus menangkap peluang sebaik mungkin. Kesempatan itu nantinya menggenjot pendapatan pelaku ekonomi kreatif itu sendiri. " Masih ingatkan Gerhana Matahari Total kemarin, orang-orang pada datang, pasti barang-barang dagangan laris.
 
melalui kesempatan inilah yang harus ditangkap oleh pelaku ekonomi kreatif di Malut khususnya Kota Ternate. Kesempatan tersebut dapat menaikan hasil pendapatan. " Inilah yang harus kita manfaatkan, kita desain kaos sesuai dengan fenomena", tutupnya. (Mul)
Komentar

Berita Terkini