|

Banggar DPRD Bersama Tim Anggaran Pemkot Ternate Teken MoU.



Penandatangan Nota Kesepakatan KUA/PPAS
TERNATE, BRINDOnews.com  -  Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kota Ternate menandatangni Nota Kesepakatan terhadap Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Penandatangan tersebut pusatkan di ruang rapat Graha Lamo Paripurna DPRD Kota Ternate, Rabu (20/9/2017).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Ternate, Merlisa Marsaoly SE, didampingi Wakil Ketua I Mubin A. Wahid dan dihadiri langsung oleh Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurahman, Sekretaris Daerah (Sekda), M. Tauhid Soleman serta para anggota DPRD lainnya.

Ketua DPRD Merlisa dalam sambutannya mengatakan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Tahun 2018 merupakan dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja,  dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode satu tahun. Sedangkan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) merupakan program prioritas dan patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada Perangkat Daerah Satuan Kerja (SKPD) sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA).

Untuk KUA-PPAS 2017 kata Merlisa,  telah di sampaikan oleh Wali kOta Kota Ternate pada tanggala 8 Agustus 2017 lalu. Di hari yang sama juga, Badan Musyawarah DPRD telah melakukan rapat guna penetapan pembahasan jadwa KUA-PPAS tahun 2018. Bulan berikutnya, tepatnya pada tanggal 19 September 2017, Badan Anggaran (Banggar)  DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah kembali melakukan pembahasan dan menyepakati jadwal KUA-PPAS tahun 2018.

"Banggar DPRD maupun Tim Banggar Pemerintah Daerah telah menyamakan persepsinya,  dan alhamdulillah pada hari ini dilakukan pendatanganan KUA-PPAS 2018 ", jelas merlias yang juga politisi dari PDI-Perjuangan tersebut. Dia menyebutkan, dengan pendatanganan Nota Kesepakatan itu,  dengan demikian maka rancangan Kebijakan Umum Anggaran telah di tetapkan menjadi KUA-PPAS 2018.

Sementara itu,  Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahaman usai melakukan pendatanganan Nota Kesepakatan mengatakan bahwa KUA-PPPAS tahun 2018 telah di sepakati DPRD dan Pemerinrah Kota Ternate. " Itu artinya kita sudah punya landasan memulai, menyususun yang program dan kegiatannya mengacu pada kebijakan anggaran atau kualitas ", katanya di hadapan sejumlah awak media, Rabu (20/9/2017) sore tadi

Dia menyebutkan, dengan adanya kerja sama pendatanganan KUA-PPAS ini selanjutnya akan di distribusi ke  SKPD yang nantinya menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA). " Pendatanganan ini akan kita distribusi ke dinas-dinas menyusun RKA. Dan RKA ini nantinya menjadi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) dan selanjutnya kita serahkan ke DPRD untuk kita bahas APBD 2018 ", ujar Burhan

Di tanya kapan pengajuan RAPBD ke DRPD, Burhan mengatakan pihakanya masih nenunggu informasi dana transfer. " Setelah ada informasi Dana Alokasi Umum (DAU), dana Alokasi Khusus (DAK), bagi hasil baru kita menetapkan RAPBD kita ", katanya

Selain itu,  Walikota dua periode ini juga mengakui bahwa pihaknya sudah mulai melakukan penyusunan RAPBD yang berpatokan dana transfer tahun 2017. " Tapi itu hanya konsep saja, nanti setelag ada yang ril dari kementerian keuangan baru kita sesuaikan ", tutupnya. (ricko)






Komentar

Berita Terkini