|

4000 Kupon Hewan Kurban Dibagikan Ke Warga Muslim dan Non Muslim




Hewan kurban siap di sembelih
HALUT, BRINDOnews.com - Hari Raya Idul Adha 1438 H, Majelis Taklim pimpinan Al Habib Abubakar Bin Hasan Al Attas Az Zabidi yang juga sebagai Mufti besar Kesultanan Ternate membagikan 4.000 lebih kupon daging hewan kurban kepada masyarakat Halmahera Utara. pembagian hewan kurban ini bukan hanya warga muslim yang mendapatkan, tetapi non muslim juga diberikan

Rasa toleransi beragama di Kabupaten Halmahera Utara, cukup tinggi. Setidaknya diperlihatkan umat muslim dan non muslim dalam membagi kebahagiaan Idul Adha, dengan warga non muslim sehingga berkah idul Adha pun dirasakan.

Idul Adha bernuansa Bhineka Tunggal Ika, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, warga non-muslim turut terlibat dalam proses persiapan dan penyembelihan hewan kurban. Penyembelihan hewan kurban ini dipusatkan di Masjid Agung Al-Amin Halmahera Utara dengan tema “Dengan momentum Idhul Qurban 1438 H. “ “ Marilah kita tingkatkan toleransi keberagaman di Kabupaten Halmahera Utara.”

“Kupon hewan kurban yang telah dibagikan sebanyak 4000 lembar lebih kepada saudara muslim dan non muslim di Halmahera Utara,”kata Habib Muhammad Albaar, usai menyaksikan penyembelihan hewan kurban di masjid Agung Al-Amin Tobelo. “Untuk Halmahera Utara akan menjadi agenda tahunan dari Majelis Taklim,”ungkapnya.

Muhammad Albaar mengatakan, sebanyak 55 hewan kurban dengan jumlah 51 ekor sapi dan 4 ekor kambing dibagikan kepada ribuan warga Halmahera Utara termasuk warga non muslim .“Hewan kurban itu berasal dari sumbangan Majelis Habib Abubakar Bin Hasan Al Attas Az Zabidi besama muridnya, ada yang diserahkan langsung  masing-masing desa per ekor setelah disembelih,” jelasnya.

Masyarakat berbondong-bondong mengambil jatah kurban yang disiapkan
Kata dia, selain pelaksanaan pembagian hewan kurban kepada masyarakat di Halmahera Utara, hal yang sama juga dilakukan di Kota Ternate. Penyedian hewan kurban di kota Ternate sebanyak 30 ekor sapi yang dibagikan ke warga, Muhammad Albaar juga mengungkapkan sebenarnya rencana penyembelian hewan kurban di Halmahera Utara sebanyak 120 ekor sapi, namun stok sapinya kurang dan bahkan harga sapi juga sangat tinggi sehingga hanya didapat 51 ekor sapi.”Sapi yang dibeli  dengan harga Rp 14 juta/ekor,”ucapnya.

Dengan berkurban, Muhammad berharap persatuan anak bangsa di kabupaten Halmahera Utara dapat terjaga. Sebab, makna berkurban, menurutnya, bukan sekadar beribadah, tapi juga sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.”Nantinya akan terbangun oleh rasa satu kesatuan demi menjaga keutuhan negeri,”tambahnya.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda non muslim kota Tobelo, Roby Laguhi mengatakan perayaan Idul Adha tahun ini sangat istimewa sebab pelaksanaan menyembelih hewan kurban, warga non muslim juga dilibatkan.”Tentu dengan adanya kegiatan ini menandakan keakraban dan kekeluargaan antara umat muslim dan non muslim di Halmahera Utara terjalin dengan sangat baik”.
Spanduk pimpinan Al Habib Abubakar Bin Hasan Al Attas Az Zabidi
Merasa sangat senang melihat kebersamaan seperti ini. Mudah mudahan kegiatan yang mengedepankan kebersamaan ini bisa terus dipertahankan untuk tetap menjaga solidaritas serta toleransi  dan silaturrahim antar sesama warga muslim maupun non muslim di Kabupaten Halmahera Utara “ Saya pribadi mengucapkan selamat hari raya  Idul Adha kepada umat muslim di Kabupaten Halmahera Utara, semoga kebersamaan, toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Halmahera Utara bisa terus terjaga,”harapnya.

Berdasarkan pantauan di halaman masjid Agung Al-Amin Tobelo juga tampak panitia melakukan penyembelihan hewan kurban dan yang sudah dipotong-potong dimasukan ke dalam kantong plastik untuk dibagikan. Ribuan warga penerima baik muslim maupun nasrani terlihat berbaur menunggu giliran. Bahkan sebagian hewan sapi di bagikan per ekor dan diantar langsung ke desa-desa mulai dari Akelamo Kao, kecamatan Kao Teluk, desa Sukamaju kecamatan Tobelo Barat, desa Kakara, Gosoma, Gamsungi. Rawajaya, kecamatan Tobelo, Tolonuo dan desa Luari kecamatan Tobelo Utara. Penyembelihan hewan kurban itu dilakukan setelah shalat Idul Adha 1438 H, selama dua hari. (ces)

Komentar

Berita Terkini