|

TNI dan ASN Ikut Penyuluhan Dan Pemeriksaan HIV/AIDS


Cilacap, BRINDONews.com - Maraknya perkembangan penyakit HIV/AIDS di lingkungan TNI, Kodim 0703/Cilacap bekerjasama dengan Rumkit TK III 04.06.01 Wijayakusuma Denkesyah 04.04.01 mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS terhadap seluruh anggota TNI. Tak hanya seluruh anggota TNI, ASN Kodim 0703/Cilacap dan jajarannya turut serta mengikuti pemeriksaan yang dilangsungkan di aula Saya Kartika, Makodim 0703/Cilacap, Selasa (22/8/17) kemarin.

Tujuan daripada kegiatan ini, agar dapat memberikan pengetahuan tentang bahaya penyakit HIV/AIDS, serta dampak penularannya, dan juga bisa mengetahui tingkat perkembangan penyebaran penyakit HIV/AIDS dilingkungan TNI AD. 

Selain itu, penyuluhan ini guna memberikan pengetahuan kepada prajurit TNI dan ASN agar dapat menghindari stigma dan diskriminasi terhadap para pengidap HIV. Pada dasarnya, setiap prajurit TNI dan ASN memiliki hak yang sama untuk bekerja sepanjang dia mampu, dan secara medis dinilai belum terjangkit infeksi menular tersebut. 

Menurut Pasimin Denkesyah 04.04.01, Kapten CKM Jumadi, mengungkapkan, di lingkungan TNI maupun Instansi lainnya, pada dasarnya memiliki tingkat kerawanan untuk terjangkit penyakit ini. Selain itu, hal ini bisa disebabkan karena penugasan yang jauh dari keluarga, lingkungan maupun gaya hidup yang memiliki kerawanan untuk terjadinya transaksi seksual. “Diharapkan dengan pemeriksaan ini, bisa diketahui jumlah penyebaran penyakit tersebut." Terang Kapten CKM Jumadi.

Selain itu, ia juga menjelaskan seputar masalah HIV-AIDS mulai dari definisi, cara penularan, pencegahan dan pengobatannya, serta bagaimana kebijakan pemerintah terhadap masalah HIV/AIDS bagi penderitanya.

Dalam penyuluhan ini, diikuti dengan seksama oleh seluruh anggota TNI dan ASN Kodim 0703/Cilacap serta jajarannya. Hal ini dibuktikan dengan pemeriksaan darah cepat untuk virus HIV/AIDS kepada seluruh anggota TNI dan ASN yang mengikuti kegiatan ini. “Mereka tanpa ragu untuk memeriksakan kesehatan darahnya dari virus HIV tersebut.” Tuntasnya (Pendim0703/Clp)


Komentar

Berita Terkini