|

Senpi Bekas Konflik 1999 Diserahkan ke TNI


TOBELO, BRINDOnews.com - Satgas Operasi Teritorial Komando Distrik Militer (Kodim) 1508/Tobelo kembali menerima penyerahan empat pucuk senjata api (senpi) rakitan. Empat pucuk senpi jenis laras pendek dan laras panjang ini diserahkan oleh masyarakat di Desa Kusuri dan Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Selasa (15/8/17) kemarin.

Penyerahan empat pucuk senjata tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh anggota Kodim 1508/Tobelo, yakni Serka VisnoBitjoli dan Sertu Evan Laksana Sitinjak. 

Dari informasi tersebut, kedua anggota Kodim ini langsung melakukan pendekatan secara persuasif, sehingga pemilik senjata tersebut akhirnya mau menyerahkan secara sukarela. 

Dari hasil pendekatan, pemilik senpi ini menyerahkan masing-masing 2 pucuk senjata rakitan laras pendek jenis pistol dan 2 pucuk senjata laras panjang yang masih aktif.

Sementara itu, Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra, kepada media ini, Rabu (16/8/17) menyampaikan, senjata tersebut merupakan peninggalan konflik horizontal 1999-2000,  dan masih dapat dipergunakan. Sehingga, sangat rawan apabila disalahgunakan. 

Oleh karenanya, kata Dandim, melalui Opster ini saya tekankan kepada para personel Satgas untuk melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat. “Berikan pemahaman tentang bahaya menguasai senjata secara illegal, serta mengajak untuk menciptakan situasi Halut yang kondusif.” Terang Damdim. (jum)

Komentar

Berita Terkini