|

Pembangunan Tiga Tambatan di Haltim Serap 8,45 M DAK

Kadishub Haltim, Ubaid Yakub.
MABA, BRINDONews.com - Tidak kurang dari Rp8,44 miliar, Dana Alokasi Khusus (DAK) diperuntukan bagi Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Haltim. 

Total anggaran ini, diperuntukan khusus pembuatan tiga tambatan perahu yang terbagi di tiga Desa dari tiga Kecamatan, diantaranya desa Silalayang Kecamatan Wasile Tengah, Desa Wasileo Kecamatan Maba Utara dan Wayamli Kecamatan Maba Tengah. 

Sementara itu, disusul satu unit mobil pick up yang diperuntukan bagi operasional khusus Kecamatan Maba Tengah, dan satu unit bus sekolah sebagai sarana penunjang operasional, bagi siswa dan siswi di Wasile Selatan. 

"Ini merupakan arahan pak bupati untuk menjawab permasalahan di Wasile Selatan," terang Kadishub, Ubaid Yakub, diruang kerjanya kemarin. 

Bahkan tambah Ubaid, untuk bus sekolah sendiri, sudah dilakukan pemesanan. Disamping itu, total DAK senilai Rp8,44 miliar ini juga akan digunakan untuk pembuatan dermaga rakyat di desa Soagimalaha, Kota Maba, dengan panjang berdasarkan Rancangan Anggaran Pembangunan (RAP), yakni dengan panjang sekitar 350 meter dari bibir pantai. 

"Jadi akan dilakukan penimbunan, makanya, progress pekerjaannya tidak dengan tahapan, sebab sesuai jukni, karena DAK ini kan didapat per tahun, jadi disesuaikan dengan anggaran yang ada," tutup Ubaid. 

Meski demikian, dalam kesempatan kemarin, saat ditanyai soal anggaran oleh wartawan, Ubaid enggan menjelaskan secara rinci, total anggaran yang digunakan untuk pembuatan tiga tambatan perahu, pengadaan satu unit mobil pick up dan bus sekolah. "Rinciannya tidak bisa dibuka, sebab didalamnya sudah ada pengawasan serta perencanaan, dan itu sudah masuk ke hal teknis," tangkisnya. (red/sr)
Komentar

Berita Terkini