|

Napi Narkoba dan Teroris di Malut Bakal Disediakan Lapas Khusus

Kasubbag Penyusunan Pelaporan Humas dan TI, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Maluku Utara (Malut), Muhammad M. Marasabessy
TERNATE, Brindonews.com – Dalam rangka mendukung brogram Nawa Citra yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berencana membangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Belang-belang, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut). Hal ini diungkapkan Kepala Subbagian Penyusunan Pelaporan Humas dan TI, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Maluku Utara (Malut), Muhammad M. Marasabessy di ruang kerjanya, Rabu (2/8).

Selain itu, lanjutnya, pembangunan Lapas Belang-belang kelas I di Hasel merupakan Lapas pertama di wilayah Indonesia bagian Timur, dan dipastikan seperti Lapas Nusa Kambangan.
Untuk standar pengamanan sendiri, kata Dia, merupakan pengamanan maksimal, sebagaimana sistem pengamanan yang ada di Lapas Nusa Kambangan.

“Lapas ini dikhususkan untuk Napi Narkoba dan Teroris, sekaligus kejahatan luar biasa yang ada di Indonesia Timur akan di tempatkan di Lapas Belang-belang,” tandas M. Marasabessy.

Ia menambahkan, untuk saat ini sudah ada persetujuan dari Pemda Halsel dan pembebasan lahan sudah dilakukan. “Saat ini tinggal menunggu anggaran dari pusat untuk dibangun lapas tersebut,” terang M. Marasabessy.

Disentil terkait besaran anggaran untuk pembangunan Lapas Belang-belang, dirinya mengaku tidak mengetahui berapa besar anggaran yang di usulkan. “Itu langsung dari Kelompok Kerja (Pokja) staf Presiden yang bekerja sama dengan Kemenkumham RI, kemudian direalisasikan oleh Kemenkumham, karena ini juga bagian dari program Nawa Cita yang digagas Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kala.

Dilanjutkan, selain pembangunan lapas di Belang-belang Halsel, M. Marasabessy menambahkan ada juga pembangunan lapas anak di Ternate, Lapas Perempuan di Tidore, dan dua lapas lagi masing-masing di Taliabu dan Morotai. (sr)

Komentar

Berita Terkini