|

Mabes TNI Gelar Penyuluhan di Wilayah Kodim 0703/Cilacap

Kolonel Kav. Achmad Said, S.Sos saat memberikan keterangan pers.
Cilacap, BRINDOnews.com - Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Staf Teritorial, menggelar penyuluhan Komunikasi Sosial Tentara Nasional Indonesia (Komsos TNI) dengan tajuk "Melalui Komsos TNI Kita Jalin Hubungan Silaturahmi Antara TNI Dengan Komponen Masyarakat Dalam Rangka Memperkuat Ketahanan Nasional di Wilayah," di Gedung Patraria Pertamina UP IV Cilacap, wilayah Kodim 0703/Cilacap, Korem 071/Wijaya Kusuma, Kodam IV/Diponegoro, Selasa (8/8/17).

Sedikitnya 1000 orang hadir dalam komsos TNI ini, diantaranya Wakil Bupati Cilacap, Danlanal Cilacap, Dandim 0703/Cilacap yang diwakili Kasdim Cilacap, Kapolres Cilacap, Kadis Ops TNI AU Lanud Jenderal Soedirman Purbalingga,  Forkompinda Kabupaten Cilacap, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, FKPPI, Organisasi Kewanitaan, Purnawirawan TNI/Polri, Mahasiswa, Pelajar SLTA serta Anggota TNI dan Polri.

Pabandya IV/Komsos Ster TNI, Kolonel Kav. Achmad Said, S.Sos berkesempatan menyampaikan materi ceramahnya dengan konsep "Mewaspadai Proxy War dengan membangun karakter bangsa guna memperkuat ketahanan wilayah nasional dalam rangka menjaga keutuhan NKRI."

Kolonel Kav. Achmad Said, S.Sos  dalam materinya, menyampaikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang mampu hidup harmoni dalam perbedaan dan Bhineka Tunggal Ika yang dicengkeram oleh Garuda Pancasila, sekaligus menjadi pusat kekuatan pemersatu bangsa. "Indonesia sebagai negara kepulauan dan lautan,dan daerah perbatasan lainnya menjadi daerah yang vital pertahanan batas kedaulatan wilayah,” katanya.

Selain itu juga, lanjut Kolonel, untuk menghadapi Proxy War, maka bangsa Indonesia sebagai bangsa patriot harus memiliki karakter bangsa yang tangguh, sebagaimana dicontohkan oleh pejuang-pejuang bangsa untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa pemenang," terangnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa, karakter bangsa yang baik dengan mengedepankan semangat gotong royong, persatuan dan kesatuan akan mewujudkan ketahanan nasional yang kuat.

"Masyarakat Cilacap dengan karakter yang telah terbentuk selama ini, akan mampu menghadapi upaya-upaya yang bertujuan melemahkan kemampuan daya tangkal masyarakat terhadap pengaruh negatif, khususnya pengaruh dari negara Asing," tegas Kolonel Achmad Said.

Ia menambahkan, tentang ancaman pe­ngaruh globalisasi yang disertai contoh-contoh perilaku menyimpang yang mengerikan dan memprihatinkan, dipaparkan dalam bentuk gambar, foto maupun video.

"Semua elemen bangsa segera menyadari betapa berbahayanya membiarkan fakta bahwa banyak anak-anak kita yang kehilangan karakternya sehingga negeri ini telah kehilangan jati dirinya,” imbuh Kolonel.

Untuk itu, kata Dia, kita semua harus bekerjasama membangun ka­rakter individu anak bangsa. Pe­ran orangtua sangat dominan dan menentukan dalam menanamkan dasar pembentukan karakter anak.


Disela pemaparan materi, dalam sesi dialog dan tanya jawab bersama seluruh perwakilan dari tokoh masyarakat, pelajar dan mahasiswa, ada pemberian souvenir sebagai pemacu semangat belajar, bagi pelajar dan mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaannya. (Pendim0703Clp)
Komentar

Berita Terkini