|

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban di Ternate Bervariasi

Sejumlah Hewan Kurban di Komlek Kuburan Cina, Kelurahan Santiong.
TERNATE, BRINDONews.com - Menjelang hari raya Idul Adha para penjual hewan kurban mulai ramai menjajakan hewan jualannya di sejumlah tempat di Kota Ternate.

Pantauan media ini di lapangan, Sabtu (26/8/17) ada beberapa titik yang dijadikan lokasi jualan hewan kurban, seperti yang terlihat di Kompleks Kuburan Cina Kelurahan Santiong RT 04/RW 04 Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Selain di Kelurahan Santiong, tampak di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, tepatnya belakang Benteng Orange, Kota Ternate.

Salah satu penjual hewan kurban di komplek kuburan cina, Fitria Muhlis (34) wanita asal Kelurahan Santiong, RT 04/RW 04 mengaku sudah enam tahun menjalani bisnis musiman ini, dan lokasinya tetap di tempat yang sama yakni kompek kuburan cina.

Menurutnya, sapi yang biasa dijualnya ini berasal dari Subaim SP 02 Kecamatan Wasiley Timur, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) dan biasanya dijual dengan harga dan ukuran yang bervariasi, tergantung ukuran yang ditawarkan.

Misalnya, untuk ukuran 60 kg di jual dengan harga Rp10 juta, untuk ukuran 70 kg ditawar dengan harga Rp11 juta, dan ukuran 140 kg seharga Rp17 juta.

Terpisah, Aknan Hajar (37), warga  asal Desa Payo, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) ini juga merupakan penjual musiman yang menjajakan ternaknya di lingkungan benteng oranje. Aknan tak hanya menawarkan Sapi, tetapi juga menjual ternak Kambing.

Selain itu, Aknan juga mengaku sudah sepuluh tahun berjualan musiman di dua tempat yang berbeda, yaitu Belakang Benteng Orange dan Kompleks Kuburan Cina, Kelurahan Santiong bersama beberapa rekannya. 

“Harga ternak sapi tetap sama, namun untuk kambing yang dia jual harga berkisar mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta, tergantung ukuran.” Ujar Aknan.

Sementara untuk yang ukuran kecil, lanjut Aknan, mulai dari ukuran sedang dan besar, harganya masing senilai Rp2,5 juta, Rp2,8 juta hingga Rp3,5 juta. (rc)

Komentar

Berita Terkini