|

Genjot Pendapatan Daerah, DKP Canangkan Ekspor Mandiri

Kadis Buyung Radjiloen saat diwawancarai sejumlah wartawan
Ternate, Brindonews.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku Utara (Malut) mulai dipersiapkan rancangan Ekspor Mandiri dengan menggarap hasil tangkap ikan di wilayah Maluku Utara (Malut) yang nantinya diekspor ke negara-negara asing. Untuk itu, rancangan DKP ini akan digabungkan dengan beberapa instansi guna kelancaran rencana tersebut.

Kepala DKP Malut, Buyung Radjiloen kepada sejumlah awak media, Kamis (10/8/17) mengungkapkan, tahun 2017 ini menjadi awal ekspor perikanan secara mandiri. “Kita melakukan ekspor langsung, walaupun pintu keluarnya tidak ada dari pelabuhan-pelabuhan di Malut,” katanya.

Menurut Buyung, karena ada peluang, maka kita harus mendorong nilai ekspor ini agar bisa memberikan kontribusi kepada daerah. “Dengan memulai kerja sama antara berbagai stakeholder, sehingga hari ini, alhamdulillah kita sudah melihat semua instansi dapat berkomitmen untuk mendorong agar ekspor mandiri Malut ini bisa kita laksanakan di daerah ini,” ujarnya.


Untuk itu, Lanjut Buyung, dirinya sangat berterima kasih kepada pihak terkait, terutama Bank Indonesia (BI), Bea Cukai dan Otoritas Bandara yang sudah mendukung sepenuhnya upaya rencana Pemerintah untuk mengembangkan ekspor perikanan di Malut. “Insya’Allah di 2018 nanti menjadi tahun ekspor kita dengan menggunakan pesawat sebagai sarana ekspor perikanan Malut. Tutupnya. (nho)
Komentar

Berita Terkini