|

Diduga di Back UP, Izin Bandara Ini Dipertanyakan

Pintu masuk bandara PT.NHM
TOBELO, BRINDOnews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halut melalui Komisi II, mulai mempertanyakan perpanjangan izin bandara Kobok milik PT Nusa Halmahera Minerals yang berlokasi di kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara.

Ketua Komisi II DPRD Halut,  Janlis Kitong kepada media ini, Sabtu (12/8/17) menyebutkan, terkait perpanjangan izin bandara Kobok milik PT.NHM di Kecamatan Malifut, ada Back Up dari Pemda Halut.

Pasalnya, dugaan politisi Demokrat ini mengarah pada kesepakatan antara Pemkab Halut dengan PT.NHM, sehingga izin operasi Bandara Kobok yang sudah berakhir tahun lalu, diperbaharui oleh Pemkab Halut tanpa ada rekomendasi dari beberapa pihak.

‎Lanjut Janlis, polemik bandara Kobok ini sebelumnya sempat menjadi pembahasan dan berujung ricuh. Saat itu, rapat antara Pemkab Halut, DPRD Halut, PT.NHM dan Kemenhub di Jakarta tahun 2016 lalu, saat itu dirinya masih menjabat ketua komisi III.

“Penyebab ricuh dikarenakan mejelang akhir izin opersi bandara Kobok di September lalu, sampai saat ini PT.NHM belum mengantongi rekomendasi perpanjangan izin dari Bupati,” kata Janlis.

Menurut Janlis, sesuai PP 40 tahun 2014, enam bulan sebelum izin berakhir, pihak PT.NHM sudah harus mengantongi izin rekomendasi perpanjangan dari Bupati, namun tidak belum ada sampai saat ini, “makanya kami presurre aktifitasnya." Terangnya.

‎Atas dasar inilah, kata Janlis, Kemenhub melakukan on the spot di lokasi bandara Kobok yang juga didalamnya terdapat landasan Helly Pet. “Pihak Kemenhub menemukan 9 poin DIM (Daftar Isian Masalah), yang salah satunya adalah rekomendasi kepolisian dan TNI menyangkut keamanan aktifitas bandara Kobok,” ujar Janlis.

Janlis menambahkann, saat ini Pemkab Halut melakukan tindakan gegabah yang berseberangan dengan DPRD, sebab DPRD menginginkan sebelum diaktifkan kembali, PT.NHM sudah harus menandatangani perjanjian agar seluruh penumpang, karyawan PT.NHM dikerahkan menggunakan bandara Koabang Kao‎ saat hendak keluar dari Halut.(jum)


Komentar

Berita Terkini