|

Desak Pemda Halut Tertibkan THM




TOBELO,BRINDONews.com, akibat tingginya Penderita penyakit HIV AIDS di Kabupaten Halmahera Utara, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Halut desak Pemerintah Daerah segera menertibkan Tempat Hiburan Malam (THM) dan eksploitasi terhadap wanita yang makin meningkat.  

Sekertaris PC IMM Halut CUT Malinda T Ali kepada wartawan Jumat (4/8) mengatakan, angka penderita HIV/AIDS di Tobelo sebanyak 379 orang. Untuk menekan angka penderita HIV AIDS, pemda secepatnya mengambil langka tegas denga cara melokalisir suatu aktivitas yang di dalamnya sering terjadi pelanggaran-pelanggaran norma sosial seperti tempat hiburan malam dan tempat prostitusi.  

Terpisah Akademisi Kesehatan Akbid Makario Rasmin Abdul Mutalib, menambahkan jika ditinjau dari aspek kesehatan, aktivitas seks bebas dalam lingkaran prostitusi akan sangat berdampak pada penyakit HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya
  
“Presentasi HIV/AIDS di Halut setiap tahunnya, mengalami peningkatan. Akumulasi data dari tahun 2010 sampai 2017, penderita HIV/AIDS di Halut sudah mencapai 379 orang". 

Kata dia, pemerintah harus menyiapkan strategi pencegahan dengan melibatkan seluruh stakeholder, ormas dan masyarakat guna melakukan penanganan dan pencegahan melalui sosialisasi dan penyuluhan. Bila perlu langka yang paling taktis harus menutup aktifitas lokalisasi yang sudah 80% terinveksi HIV/AIDS.

Kepala Kesbanpol Halut Samule Manery mengatakan, pemerintah akan meninjau kembali tempat hiburan malam dan prostitusi yang ada di Halut untuk melakukan penertiban tempat lokalisasi yang sudah banyak terinveksi Penyakit menular tersebut.” Pemda tetap melakukan langkah cepat untuk meminimalisir maraknya penyakit HIV/AIDS”. (jmr)


Komentar

Berita Terkini