|

API 2017 : Bukit Ngade Tersingkir

Objek wisata Bukit Ngade Danau Laguna
Ternate, BRINDOnews.com - Memasuki dua bulan periode votes Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, objek wisata Bukit Ngade Danau Laguna tersingkir dari lima besar di antara 10 destinasi wisata kategori dataran tinggi terpopuler

Padahal sebelumnya, periode votes 1-30 Juni 2017 "Bukit Ngade" berada di urutan kelima. Sementara 1 Juni -31 Juli 2017 turun di urutan ke enam. Posisi pertama diraih oleh Bukit Seribu, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat dengan capaian presentase 18 persen, disusul Gunung Daik Kabupaten Lingga provinsi Riau dengan capaian presentase 15 persen.

Sementara di posisi ke tiga dan empat, di tempati oleh Gunung Tambora dan Bukit Khayangan, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi dengan presentase 13 persen,  dan di urutan lima diraih oleh Bukit Kelam, Kabupaten Sintang dengan 12 persen.

Sesuai rilisnya, Ketua Penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, Nanda Satria Azwar menyampaikan, peran API 2017 sebagai ajang apresiasi pariwisata terpopuler Indonesia, dan akan selalu mempromosikan seluruh destinasi wisata di Nusantara, khususnya yang masuk dalam nominasi dan kategori API 2017.

Selain itu kata dia, Kegiatan API 2017 sendiri diikuti oleh 34 Provinsi dan 105 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang terwakili 150 nominasi dalam 15 kategori yang ada.

“Sesuai janji penyelenggara API 2017 pada press release sebelumnya, maka pada kesempatan ini pula kami menyampaikan perolehan suara sementara pada seluruh kategori," ujar Nanda.

Secara total, lanjut Nanda, sampai dengan 31 Juli 2017, tercatat sudah sebanyak 57.336 votes yang masuk, dimana angka tersebut sudah melampaui jumlah votes dari penyelenggaran tahun sebelumnya.

"Atas pencapaian tersebut, kami Penyelenggara API 2017 mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan, dan peran serta semua pihak yang telah ambil bagian dalam kegiatan API 2017," ungkapnya.

Ia menambahkan, sementara kategori surga tersembunyi terpopuler, terdapat di Pulau Dodola, Kabupaten Pulau Morotai dan masih tetap berada diposisi ketujuh dengan presentase 6 persen. Dimana peringkat pertama diraih oleh Kawasan Wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat dengan presentase 27 persen.

Selain itu, berhasil menggeser tiga destinas wisata lainnya, yaitu Air Terjun Tumpak Sewu, Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur, dan Teluk Saleh, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, serta Destinasi Riam Merasap Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat.


Sekedar diketahui, periode votes ini sampai 31 Oktober 2017. Untuk itu, dukung terus tempat wisata yang masuk dalam API 2017. (rc)
Komentar

Berita Terkini