|

1 September, Dokter Nusantara Sehat Menuju Daerah Tugas


TERNATE, BRINDOnews.com - Program Nusantara Sehat yang dicanangkan Pemerintah Pusat pada tahun 2015 lalu, kini sudah bisa dinikmati masyarakat Maluku Utara. Pasalnya, Tim Dokter Nusantara Sehat dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) telah tiba di Kota Ternate, Selasa (29/8) pagi.

Setibanya di Ternate, Tim Dokter Nusantara Sehat langsung menuju Kantor Dinas Kesehatan Kota Ternate di Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, untuk digelar Workshop bersama Dinas Kesehatan.

Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan, Arif Wibowo, SKM, M.Kes saat ditemui wartawan media ini usai Workshop mengatakan, Workshop ini bertujuan untuk membuat rencana usulan kegiatan dari hasil assesmen atau identifikasi masalah di dua Puskesmas Kecamatan (PKM) yang ada di Ternate, yakni PKM Hiri dan PKM Moti yang sudah masuk dalam daftar tim dokter Program Nusantara Sehat Kemenkes RI untuk dua tahun kedepan.

"Tim dokter ini akan menjalankan tugasnya selama dua tahun, dan setelah masa tugas tim dokter ini akan dievaluasi program yang suda dilaksanakan," jelas Arif.

Dia juga mengatakan, keberadaan tim dokter dari program Nusantara Sehat ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, serta mempermudah akses kesehatan kepada masyarakat di daerah-daerah tertinggal.

Dia juga berharap, dengan adanya program ini masyarakat bisa merasakan pelayanan kesehatan yang memadai. Sekedar diketahui, tim dokter program Nusantara Sehat ini sebanyak 11 orang untuk dua PKM, 6 orang ditempatkan di Puskesmas Hiri dengan profesi bervariasi, terdiri dari Perawat, Bidan, Gizi, Kesling, Promosi dan Dokter Gigi. Sementara untuk PKM Moti sebanyak 5 orang, terdiri dari, Perawat, Bidan, Kesling, Gizi dan Analisis.


Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Anwar Kamaruddin saat di konfirmasi mengatakan,  Tim dokter ini rencannya akan diberangkatkan pada tanggal 1 September nanti di PKM Moti dan PKM Hiri. (rc)
Komentar

Berita Terkini