|

Tujuh Desa di Halut Terendam Banjir


TOBELO, Brindonews.com - Akibat meluapanya sungai Pitago, tujuh Desa di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Kamis (20/7) terendam banjir, diantaranya Desa Pitago, Desa Kai, Desa Beilegit, Desa Sometek, desa Tuguis, Desa Barseba dan Desa Mekar sari Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halut.

BPBD Kabupaten Halut yag dipimpin Kepala seksi kedaruratan Mesak andreas berserta 2 pegawai BPBD kepada media ini, menyampaikan banjir tersebut di sebabkan oleh hujan yang turun dari semalam sampai dengan pagi hari. Akibat kejadian tersebut, debit air yang sangat tinggi sehingga sungai di Desa Pitago meluap.

Kondisi sampai dengan saat ini jalan yang menghubungkan Desa Pitago sampai ke Desa Soahukum terputus, kemudian anggota yang melaksanakan kegiatan Ops Ter di Ds. Makarti sementara di hentikan untuk membantu masyarakat di Desa yang terkena banjir dengan ketinggian Desa Pitgo 70 cm, Desa Kai  1 meter Desa Beilingit 70 cm, Desa Somaetek: 60 cm, Desa Tuguis 70 cm, Desa Barseba 70 cm, Desa Mekar Sari 1 Meter, dan pada pukul 15.30 WIT posisiair yang menggenang 7 desa teesebut mulai menyurut.

Kerugian personel korban jiwa sampai saat ini belum ada, beruntung material harta benda elektronik yang ada di dalam rumah dapat di selamatkan ke tempat yang lebih tinggi di dalam rumah yang terendam air kursi dan perabot rumah lainnya membantu warga yang terkena bencana banjir untuk mengungsi ke kantor Camat Kao barat khusus anak-anak dan ibu hamil.

Tindakan yang dilakukan oleh anggota kodim 1508/Tbl dan koramil 1508-03/Kao yang ada di kao barat saat ini sedang melaksanakan Opster sementara di hentikan untuk membantu warga yang terkena bencana banjir di 7 desa yang ada di Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halut dengan mengungsikan para anak2 dan ibu hamil dan warga yang lain sementara bertahan di tempat yang lebih tinggi desa masing masing. (Pnram1508/jr)
Komentar

Berita Terkini