|

LMND Desak DPRD Halut Percepat Pansus Tapal Batas

Ketua 1 LMND Pusat, Mirzan Salim 
TOBELO, Brindonews.com - Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) Pusat mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Utara (Halut) agar mempercepat pembentukan Panitia Khusus (Pansus) sengketa tapal batas antara Halmahera Utara (Halut) dan Halmahera Barat (Halbar).

Ketua 1 LMND Pusat, Mirzan Salim kepada wartawan, Rabu(19/7) mengatakan, Pemda dan DPRD segera mempercepat penyelesaian tapal batas untuk dapat meminimalisir konflik yang selama ini belum juga usai.

"Secara institusi Aksekutiv Nasional LMND menilai Pemda dan DPRD Halut tidak harus mendiamkan hal ini karena soal tapal batas antara Halut dan Halbar," katanya.

Terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daera (DPRD) Halut, Yulius Dagilaha, Rabu (18/7) meyampaikan, dalam waktu dekat akan dilakukan program legislasi daerah sengketa tapal batas.

Kata dia, pansus akan dibentuk, tetapi sebelumnya harus ada prolegada dengan tujuan kajian akademik terkait tapal batas kedua wilayah.

"Apakah kita memakai akademisi dari UMMU atau Ukhair untuk melakukan kajian ilmiah agar perda tapal batas yang dibuat bersifat ilmiah.Masalah itu akan dibahas di rapat DPRD dan jika di sepakati, akan diadakan pembuatan prolegda tapal batas," katanya. (jr)
Komentar

Berita Terkini