|

Ini Rapor Setengah Musim Valentino Rossi

Valentino Rossi

Jakarta, Brindonews.com - Valentino Rossi memiliki rapor cukup bagus setelah menyelesaikan sembilan balapan di paruh pertama MotoGP 2017. The Doctor berpeluang besar merebut gelar juara dunia kesepuluhnya.

MotoGP 2017 menunjukkan persaingan terketat sepanjang sejarah 68 tahun kelas primer Grand Prix tersebut. Hingga sembilan balapan berlalu ada lima pemenang, sepuluh peraih podium, dan posisi empat besar klasemen hanya berjarak sepuluh poin.

Musim ini penampilan Rossi terbilang angin-anginan hingga paruh musim. Dari sembilan balapan yang diikutinya, pebalap 38 tahun itu empat posisi podium termasuk satu kemenangan di Sirkuit Assen, Belanda.

Rossi memang hanya melakukan satu kesalahan di paruh musim pertama, yakni ketika gagal finis di Sirkuit Le Mans, Perancis. Tapi itu kesalahan yang fatal.

Ketika itu Rossi mengalami kecelakaan setelah berusaha mengejar rekan setimnya di Movistar Yamaha, Maverick Vinales, dalam perebutan posisi pertama.

Andai Rossi mampu finis di GP Perancis ketika itu, maka pebalap 38 tahun itu bisa memuncaki klasemen sementara saat ini. Setidaknya jika Rossi finis kedua di Le Mans, maka dia akan unggul sepuluh poin atas Marc Marquez di puncak klasemen.

Faktor lainnya yang membuat Rossi gagal di puncak klasemen saat ini adalah kurang kompetitifnya sepeda motor M1, terutama di kondisi trek basah. Beruntung bagi Rossi, Yamaha mampu memberikan solusi dengan menggunakan sasis baru yang dianggapnya banyak membantu.

Secara keseluruhan rapor tengah musim Rossi terbilang cukup impresif. Pasalnya, pebalap asal Italia itu saat ini hanya tertinggal sepuluh poin dari Marquez di puncak klasemen.

Jika dibandingkan musim lalu, Rossi tertinggal jauh di klasemen hingga paruh musim. Setelah sembilan balapan musim lalu, Rossi berada di posisi ketiga dengan tertinggal 59 poin dari Marquez. Kondisi itu membuat Rossi kesulitan merebut gelar juara dunia.

Di paruh kedua musim ini peluang Rossi merebut gelar juara dunia kesepuluh sangat terbuka lebar. Syaratnya Rossi tidak boleh mengulangi kesalahan seperti di Le Mans dan Yamaha membuat M1 semakin kompetitif.



Statistik paruh musim Valentino Rossi:
- Posisi: 4
- Poin: 119
- Kemenangan: 1
- Podium: 4 (cnn)
Komentar

Berita Terkini